UIN Maliki Malang Satu-satunya PTKIN yang Miliki Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Online | Batu TIMES

UIN Maliki Malang Satu-satunya PTKIN yang Miliki Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Online

Oct 13, 2021 18:39
Kepala Pusat Pengembangan Bahasa, Dr H M Abdul Hamid MA (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala Pusat Pengembangan Bahasa, Dr H M Abdul Hamid MA (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kini memiliki Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Online "Hayat Al Arabiyah" yang baru saja dilaunching, Rabu (13/10/2021).  Yang kian membanggakan, diantara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia, UIN Maliki Malang merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki aplikasi tersebut.

Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr Zainuddin MA menjelaskan, jika aplikasi tersebut dibuat oleh Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maliki Malang. Konten atau materi dalam aplikasi tersebut, diisi dari internal UIN Maliki Malang.

Baca Juga : Tamu Istimewa, Duta Besar Arab Saudi Kunjungi UIN Malang

"Ini karya dari Pusat Pengembangan Bahasa dan ditulis oleh para dosen UIN Maliki Malang sendiri," ucap Zainuddin.

Kepala Pusat Pengembangan Bahasa, Dr H M Abdul Hamid MA menambahkan, jika aplikasi tersebut memiliki keunggulan 3M. 3M yang dimaksud adalah, memudahkan, menyenangkan dan membiasakan. 

Lebih lanjut dijelaskannnya, dalam pembelajaran daring seperti saat ini, aplikasi tersebut didesain dengan seksama. mulai dari proses teknis maupun materinya sehingga memudahkan untuk dipelajari oleh para mahasiswa.

"Kita tidak ingin aplikasi ini justru menyulitkan siswa," papar Abdul Hamid.

Materi yang dikembangkan dalam aplikasi tersebut,  adalah materi yang kontekstual. Materi yang ada merupakan materi yang mengarah dan turut mengusung budaya Indonesia. Sehingga dalam proses belajar mengunakan aplikasi tersebut, tidak seakan-akan berada pada dunia Arab.

"Jadi pada saat misalnya bicara pariwisata, ya kita ada Jogja. Kemudian pada saat bicara olahraga kita ada Arema," terangnya.

Baca Juga : Cetak Lulusan Sarjana Hukum Berkarakter dan Cerdas, FH Unikama MoA Dengan FH UWG

Kemudian, aplikasi ini telah mulai digunakan sejak tahun ajaran baru dan telah digunakan oleh sekitar 4.000 mahasiswa dari berbagai macam jurusan dan fakultas. Sebelum adanya aplikasi ini, dalam proses pembelajaran bahasa Arab, para mahasiswa menggunakan dalam edisi cetak yang telah digunakan sejak 2017.

"Dan pada tahun kedua di 2019, kita kembangkan menjadi aplikasi, sembari uji coba dan pengembangan. 2021 ini alhamdulillah sudah secara maksimal digunakan," paparnya.

Ditegaskannya, jika aplikasi ini merupakan satu-satunya aplikasi Indonesia, khususnya di lingkungan PTKIN. Hal tersebut kemudian juga membuat sejumlah PTKIN lainnya turut melirik dan tertarik untuk bekerjasama dalam upaya pengembangan pembelajaran bahasa Arab. 

"Aplikasi ini berbasis website, sementara ini hanya bisa digunakan untuk mahasiswa kita. Sementara belum kita buka akses untuk umum," pungkasnya.

Topik
UIN Maliki Malang aplikasi pembelajaran bahasa arab online Rektor UIN Maliki Malang

Berita Lainnya