Weverse, Platform Populer Fans Kpop, Blackpink hingga BTS Juga Pakai lo | Batu TIMES

Weverse, Platform Populer Fans Kpop, Blackpink hingga BTS Juga Pakai lo

Aug 04, 2021 09:33
Weverse (Foto: weverse.io)
Weverse (Foto: weverse.io)

INDONESIATIMES - Fans Kpop saat ini dihebohkan dengan hadirnya platform terbaru yakni Weverse. Diketahui, Blackpink secara resmi telah bergabung dengan Weverse per 2 Agustus 2021. 

Hadirnya Blackpink di platform ini langsung diserbu oleh para Blink sebutan penggemar Blackpink. Hal ini langsung membuat weaver (pelanggan Weverse) naik drastis. 

Baca Juga : Manfaat dan Cara Kerja Vaksin Covid-19 Bagi Ibu Hamil, Bantu Janin Dapatkan Antibodi

Sebelum Blackpink, beberapa idol ternyata sudah lebih dulu bergabung di platform tersebut. Mereka ialah BTS, iKon, Seventeen, hingga Treasure. Ada pula beberapa artis global yang juga tergabung di dalamnya, yakni Jeremy Zucker, Gracie Abrams, dan New Hope Club. 

Lantas apa sebenarnya Weverse itu? 

Melansir melalui Soompi, aplikasi Weverse merupakan platform komunitas penggemar yang diluncurkan oleh beNX, perusahaan hiburan anak perusahaan dari Big Hit Entertainment, agensi yang menaungi BTS dan TXT. Walau milik Big Hit, namun tak hanya artis mereka yang bisa bergabung di platform tersebut.

Blackpink misalnya, tergabung dalam platform itu sebagai bagian dari kerja sama agensi mereka yakni YG Entertainment dengan Big Hit. Weverse bertujuan untuk menciptakan platform komunitas penggemar secara global. 

Membuat para fans Kpop bisa menikmati konten sekaligus berkomunikasi dengan artis idola mereka. Sebagian besar idol Kpop sebelumnya menggunakan forum yang disebut dengan fancafe untuk berkomunikasi dan berbagi konten eksklusif dengan penggemar. 

Namun, fancafe dijalankan oleh portal web pihak ketiga bernama DAUM yang tak mudah diakses oleh penggemar global. Hal itu bisa dipahami mengingat DAUM merupakan perusahaan Korea dan tidak memiliki kewajiban untuk melayani penggemar internasional. 

Baca Juga : Vaksinasi Ibu Hamil, Kemenkes Terbitkan SE

Sementara, Weverse memungkinkan penggemar untuk terhubung dengan penggemar lain di seluruh dunia, idolanya dan, seperti halnya fancafe yang memungkinkan mereka untuk menikmati konten eksklusif yang tak bisa didapatkan di tempat lain.

Selain itu, Weverse juga memiliki fitur mirip Instagram Story yang disebut "Artist Moments" di mana para idola kerap berbagi unggahan  lucu, menyentuh atau emosional dengan para penggemar. Konten itu akan hilang saat sang idola membagikan momen baru. 

Platform ini memiliki nilai jual tersendiri bagi penggemar internasional karena punya fitur penerjemah bawaan yang memungkinkan mereka menerjemahkan unggahan idola ke dalam bahasa pilihan. Untuk diketahui, saat ini bahasa yang tersedia di aplikasi Weverse ialah Bahasa Inggris, Korea, Jepang, Cina, Spanyol, Portugis, Indonesia, Melayu, dan Thailand.

Topik
platform weverse platform kpop Blackpink artis korea yang bergabung di weverse

Berita Lainnya