PPKM Diperpanjang, Pemadaman PJU Tetap Diterapkan untuk Peralihan Zona Kota Malang | Batu TIMES

PPKM Diperpanjang, Pemadaman PJU Tetap Diterapkan untuk Peralihan Zona Kota Malang

Jul 21, 2021 20:26
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto saat ditemui awak media beberapa waktu lalu di Polresta Malang Kota. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto saat ditemui awak media beberapa waktu lalu di Polresta Malang Kota. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemadaman lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Malang dinilai efektif untuk peralihan zona Covid-19.

Pasalnya, pemadaman lampu PJU selama PPKM Darurat yang dilakukan sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB lalu dapat menjadikan Kota Malang yang sebelumnya sempat zona hitam Covid-19 menjadi zona merah Covid-19. 

Baca Juga : PPKM Diperpanjang, Wabup Irwan Semangati Warga Patuhi Prokes

"Sekarang, per hari kemarin kita berada di zona merah sampai dengan minus 15," ungkap Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto usai mengikuti rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan di Ngalam Command Center, Rabu (21/7/2021). 

Sebab, kata perwira yang akrab disapa Buher ini terdapat beberapa indikator yang menjadi acuan dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan dalam peralihan zona Covid-19 di setiap wilayah. 

Indikator tersebut yakni favebook mobility, google activity dan intensitas cahaya di malam hari. Maka pengaruh intensitas cahaya pada saat malam hari dengan melakukan pemadaman lampu PJU sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB sangat berdampak terhadap peralihan zona. 

"Sehingga dalam penilaian Menko Marves ini sangat efektif, karena kita sudah keluar dari zona hitam," terang perwira dengan dua melati di pundaknya ini. 

Sementara itu, dinilai sudah efektif dengan menerapkan kebijakan-kebijakan tersebut disaat PPKM Darurat, maka pada momentum PPKM Level 4 kebijakan pemadaman PJU juga akan dilakukan kembali hingga tanggal 25 Juli 2021. 

Baca Juga : PPKM Darurat Diperpanjang, Bupati Sanusi Minta Safe House Dipantau

"Iya masih (dilakukan pemadaman PJU, red) karena kelanjutan dari PPKM Level 4 yang secara umum hampir sama (aturannya, red). Walaupun ada kelonggaran di beberapa level dan pola penanganannya," terangnya. 

Nantinya, jika dinilai efektif untuk peralihan zona Covid-19, tidak menutup kemungkinan juga bakal diterapkan hingga memasuki zona oranye maupun zona kuning. Pasalnya, pemadaman lampu PJU ini bertujuan untuk mengurangi mobilitas masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah. 

"Pemadaman lampu kan gunanya membatasi mobilitas masyarakat. Di mana data BOR (Bed Occupancy Rate, red) yang cukup tinggi, sehingga membatasi ruang gerak masyarakat ini sebagai salah satu langkahnya," tegasnya.

Topik
pemadaman pju PJU Kota Malang ppkm level 4 kota malang Polres Malang Kota

Berita Lainnya