Wanita Muda Tipu Belasan Korban lewat Arisan Fiktif, Raup Ratusan Juta | Batu TIMES

Wanita Muda Tipu Belasan Korban lewat Arisan Fiktif, Raup Ratusan Juta

Jul 16, 2021 18:21
Kasatreskrim Polres Batu AKP Jeifson Sitorus. (Foto: Irsya/BatuTIMES)
Kasatreskrim Polres Batu AKP Jeifson Sitorus. (Foto: Irsya/BatuTIMES)

BATUTIMES - Arisan fiktif memgantarkan wanita muda berinisial SMA (23), warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, ke balik jeruji tahanan. Dia ditangkap petugas Polres Batu karena merugikan belasan korban.

Belasan orang yang ditipu SMA tergiur ikut arisan lantaran dijanjikan keuntungan yang cukup fantastis. Keuntungan yang ditawarkan kepada korbannya itu sebesar 50 persen.

Baca Juga : Kronologi Pria Lansia Meninggal Mendadak di Atas Sepeda Motor

“Karena keuntungan yang besar, sehingga para korbannya tergiur. Sayangnya apa yang ditawarkan itu tidak kunjung diwujudkan oleh SMA,” ungkap Kasatreskrim Polres Batu AKP Jeifson Sitorus.

Arisan fiktif yang dijalankan SMA ini tidak jauh berbeda dengan sistem MLM (multilevel marketing). Yakni anggota yang bisa mengajak orang lain akan mendapat keuntungan berlipat.

Karena hal tersebut, belasan korban menjadi semangat untuk mencari rekan agar mengikuti arisan tersebut. “Apalagi arisan pertama cair sehingga korbannya ini jadi percaya,” katanya, Jumat (16/7/2021).

Kerugiannya beragam. Mulai dari jutaan hingga ratusan juta. “Ada satu korban sampai berani ikut arisan Rp 287 juta. Sayangnya tidak cair. Sehingga korban ini melaporkan kepada kami,” tambah Jeifson. “Setelah ada yang lapor, kami lakukan penulusuran. Ternyata ada dugaan penipuan,” sambungnya.

Baca Juga : Miris, Siswi SD Diperkosa Paman hingga Hamil 2 Bulan

 Korban SMA ini kurang lebih mencapai 18 orang yang terdata. Namun polisi terus melakukan pengembangan penyidikan. “Kami masih melakukan pengembangan penyidikan apakah ada tersangka lagi,” ujar Jeifson. 

Akibat perbuatannya itu,  SMA dijerat Pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.

Topik
arisan fiktif Tertipu arisan fiktif Arisan fiktif di Kota Batu Polres Batu

Berita Lainnya