Angka Konfirmasi Covid-19 Terus Naik, Dunia Pariwisata Pariwisata Kota Batu Cegah dengan Ini | Batu TIMES

Angka Konfirmasi Covid-19 Terus Naik, Dunia Pariwisata Pariwisata Kota Batu Cegah dengan Ini

Jun 21, 2021 18:52
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak saat memakai hand sanitizer di The Legend Stats beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak saat memakai hand sanitizer di The Legend Stats beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Meski angka konfirmasi positif Covid-19 di Kota Batu terus merangkak naik, Pemkot Batu juga terus berupaya agar jumlah kunjungan terus meningkat. Karena itu beragam strategi dilakukan oleh Pemkot Batu untuk mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di tempat pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan, penyiapan dan pemberdayaan sumber daya manusia melalui upaya pembinaan dan penyamaan visi layanan usaha wisata di Kota Batu, sesuai dengan standart CHSE Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara berkelanjutan melalui kemitraan dengan PHRI, pelaku usaha wisata dan sebagainya.

Baca Juga : Delapan Fraksi Setujui Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 yang Disampaikan Wali Kota Kediri

“Lalu adanya tim satgas pelaksana protokol kesehatan Covid-19 internal tiap unit pariwisata. Di Kota Batu juga telah dibentuk tim penegak disiplin protokol kesehatan covid-19 yang beranggotakan perwakilan petugas terlatih dari tempat usaha wisata, tim inti dan pengawas pelaksana protokol kesehatan di tempat usaha wisata Kota Batu,” katanya.

Kemudian ada legalitas usaha sesuai standar protokol kesehatan diupayakan melalui, SOP dan tata cara pembukaan usaha pariwisata pasca penutupan dilakukan melalui proses berjenjang. Yakni edukasi prokes tempat usaha pariwisata, dan verifikasi lapangan, “Juga penetapan regulasi usaha pariwisata sesuai dengan dinamika yang berkembang,” jelasnya, Senin (21/6/2021). 

Kemudian adanya dukungan penyiapan sarana dan prasarana penyelenggaraan prokes Covid-19 dalam usaha pariwisata. Penyiapan SOP protokol kesehatan masing-masing usaha wisata. Pembuatan satgas internal, penyediaan hand sanitizer, wastafel, pengukur suhu, sarung tangan, dan tisu basah. Penyediaan ruang isolasi, ambulance untuk destinasi wisata. 

Juga monitoring dan pengendalian prokes di tempat usaha wisata oleh tim satgas Dinas Pariwisata. “Selain itu vaksinasi kepada pelaku usaha, bantuan hibah pariwisata dan hibah sarana prasarana CHSE bagi usaha pariwisata,” terang mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu ini.

Baca Juga : Hasil Tes Positif Covid-19, Warga Madiun Kesulitan Cari Rumah Sakit

“Kewajiban untuk libur satu hari dalam sepekan untuk pembersihan dan penyemprotan disinfektan pada sarana prasarana usaha pariwisata,” tutupnya. Tercatat hingga awal bulan Juni 2021, data dari Dinas Pariwisata Kota Batu kunjungan di Kota Batu tembus 803.554 wisatawan. 

 

Topik
Berita Batu Wisata Batu Arief As Siddiq Kota Batu

Berita Lainnya