Viral di TikTok, Air Selada Bisa Membantu untuk Cepat Tidur, Ini Hasil Risetnya | Batu TIMES

Viral di TikTok, Air Selada Bisa Membantu untuk Cepat Tidur, Ini Hasil Risetnya

Jun 18, 2021 09:39
Selada (Foto: Facebook)
Selada (Foto: Facebook)

INDONESIATIMES - TikTok saat ini tengah ramai oleh kabar soal air selada yang konon bisa membuat kalian cepat tertidur. Dengan minum secangkir air selada panas sebelum tidur disebut jadi kunci tidur berkualitas.

Tips tersebut dibagikan melalui sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok, Shapla Hoque. "Ternyata minum air selada bikin mengantuk," ujar Hoque.

Baca Juga : Akibat Diguyur Hujan Semalaman, Banjir Landa Banyuwangi 

Tak ayal, video itu langsung menjadi viral dan tips itu pun diikuti oleh banyak orang sebagai ritual malam sebelum tidur. Dalam video tersebut, Hoque menuangkan air mendidih ke dalam cangkir yang dipenuhi daun selada. 

Ia lalu menambahkan sedikit peppermint untuk penambah rasa. "Rasanya seperti tidak ada apa-apa," ujarnya.

Kemudian pada video berikutnya, Hoque mengklaim jika dirinya hanya membutuhkan total waktu 30-40 menit untuk tertidur setelah meminum air selada.

Lantas, apa sebenarnya manfaat air selada? Benarkah air selada bisa membantu untuk cepat tidur?

Melansir melalui Everyday Health, penelitian yang diterbitkan pada Mei 2017 di jurnal Food Science Biotechnology memang menemukan manfaat air selada untuk meningkatkan kualitas tidur.

Dalam studi itu secara khusus menemukan bahwa beberapa varietas selada tertentu, khususnya Romaine merah, menginduksi peningkatan durasi tidur tikus pada dosis rendah dan tinggi.

Namun, psikolog klinis Michael Breus mengatakan bahwa penelitian itu tak lantas bisa dijadikan kesimpulan. Breus mencatat, penelitian itu menggunakan ekstrak selada bukan untuk membuat tikus tertidur, melainkan membuat tikus tertidur lebih lama.

"Tikus-tikus ini diberi obat [penenang] saat selada diberikan," ujar Breus. Kala itu, tikus disuntik dosis obat penenang yang membuat mereka mudah tertidur.

Baca Juga : Peduli Sosial, Baguna PDI P Tulungagung Benahi Rumah Warga Korban Bencana Alam

Selanjutnya, Breus mengatakan bahwa penelitian tersebut tak dilakukan untuk menentukan apakah ekstrak selada membantu tikus untuk tertidur. Penelitian dirancang untuk membandingkan efek menginduksi tidur dari selada daun hijau dan merah.

Selain itu, patut dicatat juga bahwa peneliti menggunakan ekstrak selada romaine, yang berbeda dengan selada yang viral dalam TikTok. Tak semua selada memiliki manfaat yang sama untuk mendorong tidur.

Ahli nutrisi, Jackie Newgent mengatakan, secara hipotesis, selada memiliki kandungan laktusin, senyawa tanaman pahit yang memiliki potensi untuk menimbulkan rasa kantuk. Namun demikian, air selada yang dibuat hanya dengan beberapa lembar daun kemungkinan tidak akan memberikan perbedaan besar.

"Minum air selada sebenarnya tidak berbahaya. Namun, hati-hati meminumnya sebelum tidur, perhatikan kuantitasnya," ujar Newgent.

Konsumsi terlalu banyak cairan sebelum tidur bisa memicu gangguan tidur. Anda mungkin akan merasa ingin buang air kecil lebih dari satu kali di malam hari.

Pastikan juga untuk mencuci selada sebelum meminum atau memakannya. 

Topik
kandungan selada manfaat selada video viral

Berita Lainnya