Penyekatan Diperpanjang, Kota Malang Siagakan Ribuan Swab Antigen | Batu TIMES

Penyekatan Diperpanjang, Kota Malang Siagakan Ribuan Swab Antigen

May 19, 2021 15:16
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Masa penyekatan pasca larangan mudik diperpanjang hingga tanggal 24 Mei 2021 mendatang. Di samping terus menyiagakan petugas personel gabungan TNI/Polri di titik-titik penyekatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang juga tetap menyediakan Swab Antigen.

Hal tersebut guna mengantisipasi kedatangan warga luar daerah yang masih nekat memasuki kawasan Kota Malang. Adapun, jumlah Swab Antigen yang disiapkan kali ini merupakan kelanjutan dari yang disediakan di masa larangan mudik sebelumnya.

Baca Juga : Jumlah Warga Terpapar Covid-19 di Tlogomas Bertambah, Jalani Isolasi di RS Lapangan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif menyatakan, swab antigen ini dipersiapkan salah satunya di titik Exit Tol Madyopuro. Yakni, sekitar 1.480 Swab Antigen yang disediakan.

"Yang kemarin itu kita siapkan 1.600 Swab Antigen, dan masih terpakai 120an. Ini sisanya kita lanjutkan di titik penyekatan Exit Tom Madyopuro," ujarnya.

Selain itu, dijelaskan Husnul, kesiapan-kesiapan standart kesehatan lainya juga dipastikan menyertai di titik-titik penyekatan. Sesuai, standart operasional prosedur (SOP), nantinya petugas kesehatan juga masih di tempatkan di titik-titik penyekatan.

Nantinya, apabila kedapatan warga yang akan masuk ke wilayah Kota Malang hasil swab antigennya positif, maka jika yang bersangkutan merupakan warga Kota Malang, bakal langsung diarahkan untuk melakukan isolasi di rumah isolasi yang telah disediakan Pemkot Malang.

"Kesiapan lainnya, standart seperti biasa. Kita juga terus koordinasi dengan Dishub dan Polri. Begitu ada yang positif (hasil swab antigen), kalau warga Kota Malang harus isolasi ditempat isolasi yang sudah disediakan," tandasnya.

Baca Juga : Wimar Witoelar: Mantan Jubir Gus Dur yang Kerap Kritik Pemerintahan Era Soeharto, Meninggal Dunia

Untuk diketahui, sebelumnya kebijakan larangan mudik lebaran yang dikeluarkan Pemerintah Pusat berlaku untuk seluruh masyarakat sebagai upaya mencegah meningkatnya kasus Covid-19 di Tanah Air yang mulai 6 sampai 17 Mei 2021 telah berakhir.

Namun, pemerintah menambah masa penyekatan bepergian pasca larangan mudik lebaran pada 18 Mei hingga 24 Mei 2021.

Topik
larangan mudik perpanjangan larangan mudik Kota Malang swab antigen

Berita Lainnya