10 Rekomendasi Tempat Kuliner Legendaris di Kota Malang | Batu TIMES

10 Rekomendasi Tempat Kuliner Legendaris di Kota Malang

May 16, 2021 07:02
Ilustrasi makanan. (Foto: Shutterstock) 
Ilustrasi makanan. (Foto: Shutterstock) 

MALANGTIMES - Ketika berlibur ke Kota Malang, tidak ada salahnya untuk mencoba 10 rekomendasi tempat kuliner legendaris yang berada di Kota Malang. Mulai dari makanan hingga minuman legendaris, semua ada di Kota Malang. Mana saja?

Sajian menu di Toko Oen Malang.

1. Toko Oen 

Baca Juga : Benarkah Ikan yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup hingga Sekarang?

Toko Oen yang merupakan restoran bergaya khas kolonial yang sudah ada sejak tahun 1936. Restoran ini awal mulanya memiliki empat gerai, yakni di Jakarta, Jogja, Semarang dan Malang. Kini hanya tersisa dua gerai, yakni di Semarang, Jawa Tengah, dan Kota Malang, Jawa Timur. 

Lokasi Toko Oen sangat strategis, berada di tengah-tengah Kota Malang. Tepatnya di Jalan Basuki Rahmat Nomor 5, Kecamatan Klojen, Kota Malang atau jika berjalan kaki hanya sekitar 100 meter dari Alun-Alun Kota Malang. 

Untuk jam operasionalnya, Toko Oen mulai buka dan sudah dapat melayani para pengunjung pada pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 21.30 WIB. 

Menu yang disajikan bermacam-macam, mulai dari es krim, gado-gado, sate ayam hingga steak dengan berbagai varian harga. Es krim mulai dari rasa vanila, cokelat, hingga buah-buahan. Harganya per scoop dibanderol dengan harga Rp 25 ribu. 

Selain itu, ada aneka steak seperti beef tenderloin steak, chicken steak, dan  galantine steak. Harga steak mulai dari Rp 55 ribu dan untuk makanan lainnya mulai harga Rp 30 ribu-an saja. 

Menu Di Warung Sate Gebug 1920.

2. Warung Sate Gebug 

Warung Sate Gebung salah satu warung sate yang legendaris di Kota Malang yang sudah ada sejak tahun 1920. Berlokasi di Jenderal Basuki Rahmat Nomor 113A, Kecamatan Klojen, Kota Malang atau berada tepat di samping McD Kayutangan. 

Warung Sate Gebug buka setiap hari kecuali hari Jumat, mulai pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 16.30 WIB. 

Warung yang menggunakan gardu listrik belas peninggalan zaman kolonial Belanda itu kini telah disulap menjadi warung sate yang tidak meninggalkan arsitektur model kolonial didalamnya. 

Di warung ini, daging sapi empuk menjadi menu favorit di warung sate ini. Prosesnya sendiri, daging digebuk hingga lunak, lalu dibumbui barulah diletakkan di atas tempat panggangan sate. 

Untuk menikmati sate gebug ini, kalian harus merogoh kocek mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu-an dalam satu tusuk sate gebug. Selain itu, ada menu lainnya seperti sop, rawon hingga soto dengan harga mulai dari Rp 25 ribu-an saja. 

Menu di Warung Lama Haji Ridwan Pasar Besar Kota Malang.

3. Warung Lama Haji Ridwan 

Mencari menu sarapan dan makan siang legendaris selanjutnya ada di Warung Lama Haji Ridwan yang terletak di Pasar Besar Kota Malang. Warung yang sudah ada sejak tahun 1925 dengan hidangan andalannya pecel, rawon, soto, dan menu lainnya. 

Menu tambahannya pun beragam, mulai dari tempe goreng, mendol, empal, jerohan, bakwan jagung, telur dadar, aneka sayuran dan masih banyak lagi. 

Selain itu, ada nasi campur dengan beragam menu tambahan andalan, seperti gulai, sate usus, sate daging komo, kering tempe dan aneka sayuran. 

Untuk menikmati menu-menu makanan dan minuman yang ada di Warung Lama Haji Ridwan, kalian cukup merogoh kocek mulai dari Rp 15 ribu-an sampai Rp 20 ribu-an. Warung Lama Haji Ridwan buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB. 

Sajian menu di Depot Hok Lay.

4. Depot Hoklay 

Salah satu kuliner unik yang wajib kalian coba jika berkunjung ke Kota Malang adalah Depot Hok Lay. Sebuah depot yang sudah ada sejak tahun 1946 ini berada sekitar 400 meter dari Alun-Alun Kota Malang. Atau tepatnya berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 10, Kecamatan Klojen, Kota Malang. 

Menu andalan dari Depot Hok Lay adalat fosco yakni susu sapi murni dicampur dengan cokelat. Uniknya, minuman ini disajikan dalam botol kaca Coca-Cola. Padahal di dalam minuman fosco tidak ada campuran Coca-Cola. 

Selain itu juga ada lumpia Semarang dan pangsit cwimie yang juga merupakan menu andalan di Depot Hok Lay. Harga makanan dibanderol mulai Ro 20 ribu-an dan minuman legendaris fosco dibanderol Rp 13 ribu-an saja. 

Depot Hok Lay buka setiap hari untuk melayani pengunjung mulai pukul 09.30 WIB dan tutup pukul 13.30 WIB. Lalu berlanjut buka kembali pukul 17.00 WIB dan tutup pukul 20.30 WIB. 

Sajian menu di Warung Soto dan Rawon Kiroman.

5. Warung Soto dan Rawon Kiroman 

Warung legendaris selanjutnya ada Warung Soto dan Rawon Kiroman yang terletak di Jalan Yulius Usman Nomor 52, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Warung ini sudah ada sejak tahun 1950-an atau pada saat Terminal Sawahan masih berdiri sebelum berganti bangunam menjadi SPBU saat ini. 

Menu yang menjadi andalan di Warung Kiroman ini adalah nasi soto dan nasi rawon. Tapi ada juga menu-menu lain seperti nasi sop, nasi campur, nasi gule, nasi ayam kare.

Untuk harga, satu porsi nasi soto dan nasi rawon dibanderol dengan harga Rp 25 ribu. Dan untuk menu-menu tambahan seperti sate usus, sate komo, lidah, empal, babat, perkedel, tempe goreng dan lain-lain dibanderol mulai harga Rp 10 ribu hingga Rp 21 ribu. 

Jam beroperasinya mulai pukul 08.00 WIB sampai menu yang ada di etalase dan dapur habis. Biasanya sekitar pukul 14.00 WIB menu-menu di Warung Kiroman sudah habis. 

Menu Soto Ayam Lombok.

6. Warung Soto Ayam Lombok 

Baca Juga : Keren! Kreasi Fashion Sulam Tangan Buatan Warga Kota Malang Ini Tembus Pasar Internasional

Salah satu warung soto yang juga legendaris adalah Warung Soto Ayam Lombok yang sudah berdiri sejak tajun 1955. Letaknya berada di Jalan Lombok Nomor 1, Kecamatan Klojen, Kota Malang. 

Warung Soto Ayam Lombok sendiri memiliki 10 cabang yang tersebar di wilayah Malang hingga Surabaya. Warung ini menyediakan sajian menu soto ayam yang khas dengan menggunakan daging ayam kampung, lalu diberi irisan telur, irisan kentang dan tak lupa juga koyah khas dari Warung Soto Ayam Lombok. 

Harga satu porsi dari Soto Ayam Lombok dibanderol dengan harga Rp 25 ribu. Untuk jam operasionalnya, Soto Ayam Lombok sudah bisa dinikmati mulai pukul 07.00 WIB atau juga ada yang buka hingga 24 jam seperti di Jalan Thamrin Pertokoan, Kecamatan Lawang. 

Sego Goreng Resek.

7. Sego Goreng Resek 

Menu makan malam yang melegenda adalah Sego Goreng Resek yang sudah ada sejak tahun 1959. Letaknya pun juga strategis di tengah kota, yakni di Jalan Brigjen Katamso, Kota Malang. Nasi goreng ini buka mulai pukul 17.30 WIB sampai pukul 22.00 WIB. 

Warung Sego Goreng Resek selalu menjadi jujukan masyarakat Kota Malang maupun  luar kota. Namanya pun unik yang jika diartikan ke bahasa Indonesia, sego goreng resek berarti nasi goreng sampah. 

Sebutan sego goreng resek pun muncul dari para pelanggan. Hal itu dikarenakan dulu warung sego goreng resek berada di dekat tempat pembuangan sampah. Ada juga yang menanggap sebutan resek karena banyaknya campuran yang dimasukkan dalam satu wajan jumbo. Mulai dari nasi, toge, kubis, suwiran ayam dan tak lupa bumbu-bumbu dalur seperti garam, kecap, dan kaldu ayam andalan sego goreng resek. 

Untuk harga, satu porsi sego goreng resek cukup bervariasi. Mulai dari harga Rp 9 ribu sampai Rp 19 ribu, tergantung tambahan lauknya. Mulai dari ayam goreng, ati ampela, sayap ayam, kepala ayam dan telur. 

Bakso President.

8. Bakso President 

Kota Malang memang terkenal dengan menu kuliner baksonya. Namun ada salah satu bakso yang menjadi jujukan masyarakat Kota Malang maupun wisata dari luar daerah. Yakni Bakso President yang sudah ada sejak tahun 1977. 

Namanya saja sudah membuat orang tertarik untuk mampir. Apalagi jika sudah sampai di lokasi Bakso President yang terletak di Jalan Batanghari Nomor 5, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Atau berada di belakang Hotel Savana yang dulunya Mitra 2 Department Store. 

Lokasinya di samping rel kereta api, membuat suasana berbeda ketika menyantap satu porsi Bakso President. 

Bakso President juga menyediakan berbagai macam varian, mulai dari pentol halus, pentol urat, pentol telur, pangsit basah, pangsit kering, mie, siomay, lontong, tahu, hingga jerohan ati ampela. 

Untuk harganya bervariasi. Tapi di sini juga menyediakan menu paket ekonomis dengan harga Rp 15 ribu hingga Ro 31 ribu. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 21.30 WIB. 

Es Tawon Kidul Dalem.

9. Es Tawon Kidul Dalem 

Salah satu sajian minuman legendaris khas Kota Malang adalah Es Tawon Kidul Dalem yang sudah ada sejak tahun 1955 dan terletak di Jalan Zainul Arifin, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. 

Varian dari Es Tawon Kidul Dalem sendiri ada berbagai macam. Di antaranya es kacang ijo, es dawet, es Amalpukat, es campur, dan bubur kacang ijo. 

Satu gelas Es Tawon Kidul Dalem sendiri berisi cincau hitam, tape, kacang hijau dan dawet. Lalu diberi es batu, gula cair kemudian disiram dengan sirup. Untuk harganya dibanderol berkisar Rp 8 ribu. 

Penyematan tawon pada menu bukan berarti terdapat campuran tawon atau lebah di dalamnya. Melainkan dahulunya lokasi Es Tawon Kidul Dalem terletak di dekat pohon asam yang banyak tawon dan sarangnya. Kemudian tawon tersebut banyak yang menempel di atas sirup karena asli terbuat dari gula tebu. 

Sajian menu di Depot Es Talun.

10. Depot Es Talun 

Lagi, gerai es campur yang sudah melegenda di Kota Malang adalah Depot Es Talun yang sudah ada sejak tahun 1950 berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim Nomor 2 , Kota Malang yang beroperasi mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. 

Menunya memiliki keunikan rasa yang juga khas dari Depot Es Talun. Keunikan ini dikarenakan penggunaan sirup buatan sendiri dan mencampurkan tape ketan hitam yang membuat es ini memiliki rasa yang berbeda. 

Dulu hanya beberapa menu saja, tapi kali ini Depot Es Talun menyajikan berbagai macam menu varian rasa. Mulai dari es campur, es buah, es teler, es tape ketan hitam dan aneka jus buah. Untuk menikmati es di Depot Es Talun, cukup merogoh kocek sebesar Rp 9 ribu hingga Rp 12 ribu saja. 

Selain itu, Depot Es Talun menyediakan sajian menu makanan yang juga cukup khas, yakni rujak cingur, gado-gado, tahu campur dan mi pangsit.

Topik
kuliner legendaris malang kuliner legendaris pecinta kuliner

Berita Lainnya