Bisa Dicoba di Rumah, Resep Makanan dan Minuman Sederhana untuk Momentum Lebaran | Batu TIMES

Bisa Dicoba di Rumah, Resep Makanan dan Minuman Sederhana untuk Momentum Lebaran

May 13, 2021 18:15
Barista UB Coffee M. Amin Susilo saat menyajikan rekomendasi tiga jenis minuman yang cocok disajikan saat momentum Lebaran Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Barista UB Coffee M. Amin Susilo saat menyajikan rekomendasi tiga jenis minuman yang cocok disajikan saat momentum Lebaran Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Momentum Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tentu sangat dinantikan. Namun lantaran masih dalam masa keterbatasan pandemi covid-19, tentunya memang ada yang dirindukan. Salah satunya adalah menikmati santapan di beberapa rumah makan atau restoran andalan yang selalu didatangi setiap tahun.

Tapi jangan khawatir, meski tidak bisa merasakan hidangan istimewa itu, kalian bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah loh. Tak harus khawatir, karena sederet olahan mewah bak hotel bintang lima bisa disajikan hanya dengan bahan-bahan yang ada di dapur kalian.

Baca Juga : Sensasi Panas Kudapan Bandeng 'Bangzat', Kuliner Pedas Kota Malang

Kali ini, barista UB Coffee M. Amin Susilo akan memberikan rekomendasi tiga sajian minuman yang dapat disajikan pada momentum Lebaran 2021. "Untuk minuman rekomendasi ketika hari raya ada tiga yang mudah dibuat. Dan bahan-bahannya ada di dapur teman-teman semua," ungkapnya kepada MalangTIMES.com. 

Es Susu Kurma.

Pertama ada Es Susu Kurma. Untuk pembuatan Es Susu Kurma ini menurut Amin bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana dan tidak terlalu banyak. Pertama siapkan kurma dan susu. Untuk pemanisnya dapat menggunakan gula cair atau madu atau gula merah. 

"Perbandingannya susunya itu sekitar 120 mililiter nanti ada tiga buah kurma yang sudah di kupas. Terus masukkan gula cair 15 sampai 20 mili liter. Kalau ada madu sekitar 15 mililiter. Kalau ada brown sugar atau gula aren itu sekitar 5 gram. Nanti dikasih es secukupnya langsung di blender itu cocok waktu siang hari atau panas-panas," ujarnya. 

Es Melon Kurma.

Lalu menu kedua ada Es Kurma Melon. Menu ini pastinya juga tidak kalah mudahnya untuk dibuat di dapur rumah kalian untuk dinikmati bersama keluarga pada momentum Lebaran 2021. 

"Nanti untuk pembuatannya siapkan susu 120 mililiter, tambahkan melon sekitar 60 gram. Nanti untuk kurmanya sekitar 2 buah yang sudah dikupas. Terus tambahkan sirup. Kalau ada sirup vanilla pakai sirup vanilla. Kalau nggak ada pakai simple syrup atau gula cair sekitar 15 mililiter. Terus habis itu dikasih es secukupnya, nanti di blender. Sama melonnya nanti di blender," terangnya. 

Untuk topingnya tergantung selera kalian. Jika ada es krim bisa juga ditaruh es krim di atas sajian Es Kurma Melok tersebut. "Kalau nggak ada ya nggak papa. Itu enak segar dan juga bisa untuk sajian lebaran," imbuhnya. 

Es Kopi Susu Jelly

Untuk menu minuman ketiga ada es kopi susu jelly. Yang jelas minuman ini sudah familiar dan kalian tidak akan bingung lagi menyiapkan bahan-bahannya. 

"Pertama siapkan gelas. Habis itu siapkan gelas. Kemudian kopi hitamnya disaring sekitar 15 gram nanti dikasih air sekitar 30 sampai 40 militer nanti airnya dipanaskan, lalu disaring. Kemudian diambil sarinya kopi. Nanti dimasukkan ke gelas. Terus gelasnya dikasih es. Setelah itu kalau ada susu 120 mililiter dirumah kasih susu nanti bisa ditambahkan gula cair kalau semisal ada gula cair. Kalau ada gula aren bisa pakai gula aren nanti dicairkan. Baru dicampur dengan SKM 15 mililiter," ujarnya. 

Kemudian untuk varian toping, bisa menggunakan jelly sebagai topping dan diberi pelengkapnya. Sementara itu untuk sajian makanan juga ada dua menu andalan yang direkomendasikan oleh Kepala Dapur UB Coffee Satya Perdana. Yakni Currt Morttabok dan Tahu Petis yang jelas sangat nikmat jika disajikan pada momentum Lebaran 2021. 

Satya Perdana dengan Curry Morttabok.

Untuk sajian makanan pertama yakni Curry Murttabok Satya menjelaskan serangkaian penyiapan bahan-bahan dan proses pembuatannya. Yang jelas bahan-bahannya juga tidak terlalu sulit untuk disiapkan dan pastinya ada di sekitar dapur rumah kalian. 

Baca Juga : Cara Stylish Pakai Celana Tidur untuk Outfit Harian, Boleh Dicoba Nih!

"Curry morttabok bahannya sangatlah mudah didapat di toko. Bahan utamanya adalah roti tortila atau roti kebab, karena nanti hasilnya lebih krispi/kriuk dari pada martabak pada umumnya. Bahannya roti tortila pakai daging giling sapi, dengan bumbu pelengkapnya bawang putih bawang bombay, bawang daun serta bumbu gulai, bumbu gulai sebagai pencipta rasa karinya," jelasnya. 

Lalu seperti membuat martabak pada umumnya, Satya menuturkan bahwa adonan isian pakai daging giling sekitar 60 gram dengan 2 butir telur. Lalu bumbu gulai bisa dibeli di toko makanan, sekitar 1 sendok teh, dicampur bawang prei 10 gram, bawang bombay 10 gram, bawang daun sesuai selera. 

Lalu isiannya diaduk menjadi satu lalu dipanaskan di teflon dengan sedikit minyak. Setelah itu masukkan roti tortilla dengan api kecil agar tidak terlalu kering. Lalu adonan isian dituangkan ditengah-tengah roti tortilla lalu dilipat berbentuk kotak atau berbentuk persegi. 

"Jika bagian bawah sudah berwarna coklat langsung dibalik lalu dimasak merata baru setelah itu digoreng kedalam minyak yang lebih banyak (penuh) goreng sampai golden brown dengan api yang tidak panas selama 5 menit, setelah itu tiriskan potong sesuai dengan keinngan, untuk saus kari di ub coffee hand made, tapi jika mau membuat bisa dengan bumbu gulei ditambah sedikit air dan sedikit santan, ditambah gula dan garam secukupnya sebagai saus cocolan," jelasnya. 

Tahu Sutra Petis.

Lalu sajian menu terakhir ada tahu petis yang jelas sangat mudah dan yang pasti banyak oranv menyukainya. Apalagi disajikan pada momentum Lebaran 2021, pasti sangat nikmat. 

"Untuk tahu petis siapkan tahu sutra atau tahu lainnya yang ada dirumah. Lalu potong kotak-kotak sesuai selera. Kemudian siapkan tepung krispi, bisa menggunakan tepung serbaguna. Lalu masukkan tahu kedalam tepung tersebut, pastikan semua sisi tahu terlumuri," terangnya. 

Setelah itu, masukkan tahu yang telah terlumuri oleh tepung tersebut ke dalam wajan penggorengan dengan minyak panas hingga berwarna kecokelatan. Kemduain ditiriskan  dan disajikan dengan petis atau saus sambal yang pastinya sanhat mudah didapat.

Topik
Idul Fitri es susu kurma es kurma melon es kurma melon

Berita Lainnya