Sudah Coba TikTok Lite? Aplikasi TikTok Versi Ringan Tidak Bikin Memory Penuh | Batu TIMES

Sudah Coba TikTok Lite? Aplikasi TikTok Versi Ringan Tidak Bikin Memory Penuh

May 09, 2021 09:29
Aplikasi TikTok yang kini digandrungi. (Pexels Cottonbro)
Aplikasi TikTok yang kini digandrungi. (Pexels Cottonbro)

INDONESIATIMES - Aplikasi TikTok yang sedang digandrungi sebagian besar pengguna smartphone ini sudah ada versi ringan atau versi Lite-nya.

TikTok Lite sendiri sebenarnya sudah diperkenelkan dan dirilis pada Agustus 2018 lalu di beberapa wilayah di dunia. Namun  banyak pengguna yang belum tahu eksistensi aplikasi versi ringannya.

Baca Juga : Benarkah Ikan yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup hingga Sekarang?

Aplikasi besutan ByteDance ini tentu lebih lebih ringan untuk smartphone karena hanya memiliki ukuran 21 MB. Jadi, jauh lebih kecil dibanding TikTok versi reguler yang berukuran 76 MB jika dilihat dari deskripsi aplikasi pada Play Store.

Tak hanya itu. TikTok Lite lebih sedikit mengonsumsi data jika dibandingkan dengan TikTok versi reguler sehingga dinilai bisa lebih hemat kuota.

Nah, kira-kira apa saja perbedaan dan persamaan TikTok Lite dengan TikTok reguler? Yuk simak beberapa ulasan berikut ini.

1. Ukuran File Lebih Kecil

Aplikasi TikTok Lite hanya memakan memori penyimpanan sebesar 183 MB saja setelah dipasang atu diinstall pada smartphone penggunanya. Sedangkan aplikasi TikTok reguler bisa memakan memory penyimpanan hingga 300 MB.

Oleh karena itu, aplikasi versi Lite tersebut lebih ringan dan tidak menguras banyak storage di smartphone penggunanya.

2. Tampilan Masih Sama

Secara user interface desainnya, aplikasi versi Lite dan reguler sama-sama memiliki tampilan yang mirip. Keduanya juga memiliki lima tab yang terdiri dari home, search, upload, inbox, dan profil pada bagian bawah.

TikTok Lite dan versi reguler sama-sama menampilkan preview video-video pada halaman 'For You' atau 'For You Page (FYP)'.

Sedangkan aplikasi TikTok Lite didominasi warna yang lebih terang, dan versi reguler didominasi nuansa tampilan warna gelap.

3. Durasi Video

Durasi video yang diberikan aplikasi TikTok Lite dengan versi reguler tentu saja berbeda. Untuk aplikasi TikTok reguler durasi video yang bisa diunggah bisa mencapai video 3 menit. Sedangkan untuk versi Lite hanya dapat mengunggah video dengan durasi 15 detik saja.

4. Beberapa Fitur Dipangkas

Baca Juga : Semua Mobil dan Motor Gojek Akan Diganti Kendaraan Listrik Per 2030, Ini Bocorannya

Ada beberapa fitur yang dipangkasa pada aplikasi versi Lite, fitur-fitur yang absen di TikTok Lite itu seperti block list, figital wellbeing, liveohoto, dan vallet. 

Sedangkan dalam hal pengaturan privasi, TikTok reguler memiliki banyak opsi untuk memblokir orang lain, membatasi interaksi dengan pengguna tertentu, beralih ke akun privat, dan pengaturan notifikasi secara kustom. 

Pada aplikasi versi Lite hanya disediakan tiga opsi yaitu memblokir orang lain, mode akun privat, dan mengizinkan orang tertentu untuk mencari profil mereka. 

TikTok reguler juga dibekali dengan opsi react dan duet. Sedangkan TikTok Lite tidak memiliki dua fitur tersebut. Namun, fitur opsi report iikon tanda seru) yang lengkap dengan segala motif pelaporan masih bisa diajukan pada kedua versi TikTok. 

5. Kesamaan Antara Versi Reguler dan Lite

Keduanya sama-sama memiliki tab 'For You' atau FYP yang menampilkan video-video pendek. Kemudian pengguna juga tetap dapat melihat video-video lain hanya dengan swipe up (geser ke atas) pada layar smarthphone mereka.

Fitur-fitur lain yang masih sama adalah fitur likes, comment, share, dan download video yang masih dapat digunakan walaupun pada versi Lites sekalipun.

Penempatan tombol like, comment, dan lain-lain juga berada di sisi kanan video. Untuk mengunggah video For You, pengguna TikTok Lite dan versi reguler cukup mengklik ikon (+) di bagian tengah bawah, lalu pilih opsi apakah ingin merekam video atau mengambil dari galeri ponsel. 

Sebelum diunggah, video bisa ditambahi efek, stiker, musik, template, caption, tag, cover, dan lain sebagainya.

Pengguna bisa men-download TikTok versi lite ini secara gratis di Google Play atau Play Store pada smartphone.

Topik
Demam TikTok aplikasi tik tok

Berita Lainnya