Takbir Keliling Dilarang, Ini Penjelasan Nawawi Kepala Kemenag Kota Batu | Batu TIMES

Takbir Keliling Dilarang, Ini Penjelasan Nawawi Kepala Kemenag Kota Batu

May 08, 2021 15:05
Kepala Kemenag Kota Batu Nawawi. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kepala Kemenag Kota Batu Nawawi. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Takbir keliling untuk merayakan idul fitri di Kota Batu masih dilarang pada tahun  2021 ini seperti tahun 2020. Hanya saja untuk takbir di masjid dan musala tetap diperbolehkan. Itupun dengan aturan ketat yang harus dipatuhi oleh penyelenggara kegiatan takbiran. 

Kepala Kemenag Kota Batu Nawawi mengacu pada Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Perayaan Idul Fitri pada poin 7 menyebutkan peserta takbir terbatas.

Baca Juga : Niat, Hukum, Tata Cara dan Ketentuan Pelaksanaan Mengganti Puasa Ramadan

Dalam poin pertama bagi yang melaksanakan takbir hanya boleh diikuti oleh 10 persen dari total kapasitas masjid dan musala. “Itu pun tetap dengan protokol kesehatan. Untuk takbir keliling dilarang, karena mengundang kerumunan,” ungkapnya kepada BatuTIMES.

Dia menyebutkan, takbir juga dapat dilaksanakan secara virtual di masjid dan musala. Kemudian bagi daerah yang berada dalam zona merah dan oranye tidak diperkenankan menyelenggarakan salat Id. 

“Untuk zona merah dan oranye dapat dilaksanakan di rumah. Kalau zona kuning dan hijau diperbolehkan, tetapi maksimal 50 persen dari kapasitas dan menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya. 

Bagi yang menggelar salat Id wajib mengecek suhu badan pada jemaah. Dan wajib berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan unsur keamanan. Lalu untuk lansia disarankan salat berjemaah di rumah. 

Baca Juga : Masjid Badshahi yang Kemegahannya Sudah Terlihat dari Jarak 16 Km, Pernah jadi Pangkalan Militer

Untuk halal bihalal boleh dilakukan bagi saudara terdekat. Tetapi tidak diperkenankan menggelar halal bihalal di instansi atau komunitas. “Yang dapat mengundang keramaian dilarang,” tutupnya.

Topik
Berita Batu Takbir Keliling Nawawi takbiran keliling

Berita Lainnya