Petugas Gabungan Lakukan Sidak, 20 Pengunjung Matos Langsung di Rapid Tes Antigen, Ini Hasilnya | Batu TIMES

Petugas Gabungan Lakukan Sidak, 20 Pengunjung Matos Langsung di Rapid Tes Antigen, Ini Hasilnya

May 08, 2021 09:17
Kepala Seksi Operasi dan Penindakan Satpol PP Kota Malang Antonio Viera saat melakukan sidak di foodcourt Malang Town Square, Jumat (7/5/2021) malam. (Foto: Satpol PP Kota Malang) 
Kepala Seksi Operasi dan Penindakan Satpol PP Kota Malang Antonio Viera saat melakukan sidak di foodcourt Malang Town Square, Jumat (7/5/2021) malam. (Foto: Satpol PP Kota Malang) 

MALANGTIMES - Petugas gabungan dari unsur Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Malang, Kodim 0833/Kota Malang, Polresta Malang Kota, Dinas Kesehatan Kota Malang dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Malang melakukan sidak (inspeksi mendadak) di pusat perbelanjaan yakni Malang Town Square (Matos), Jumat (7/5/2021) malam.

Kepala Seksi Operasi dan Penindakan Satpol PP Kota Malang Antonio Viera mengatakan, bahwa rapid test antigen dilakukan kepada pengunjung dan karyawan yang berada di Matos. Tepatnya di lokasi foodcourt Matos. 

Baca Juga : Makamkan Ribuan Jenazah, Petugas Pemakaman Kota Malang Tetap Sehat, Ini Kiatnya

Pria yang akrab disapa Anton ini menuturkan bahwa sidak dilakukan di foodcourt Matos. Karena pengunjung serta karyawan yang berada di lokasi tersebut tampak berkerumun dan tidak menerapkan protokol kesehatan secara penuh.

"Kita lihat di Foodcourt sangat berkerumun dan tidak menerapkan Physical Distancing (jaga jarak, red). Sehingga kita ambil Rapid Antigen terhadap 20 pengunjung dan karyawan disitu," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Sabtu (8/5/2021).

Lanjut Anton bahwa setelah dilakukan pengecekan rapid tes antigen terhadap 20 pengunjung dan karyawan yang sedang berada di foodcourt Matos oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Malang, hasilnya tidak menunjukkan hasil positif Covid-19. "Setelah di rapid antigen, beruntung 20 orang itu hasilnya negatif Covid-19 semua," tuturnya. 

Salah seorang karyawan di foodcourt Matos menjalani rapid tes antigen ditempat.

Anton menyampaikan, bahwa sebenarnya para pengunjung dan karyawan yang berada di foodcourt Matos sudah menerapkan ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, salah satunya penggunaan masker. Namun pemberlakuan kapasitas yang melebihi aturan dan berkerumun menjadi alasan dilakukan rapid tes antigen. 

"Kalau prokesnya kita lihat tadi pemakaian masker sudah bagus. Cuma yang sedikit tidak bisa dikontrol itu kerumunannya ya (kapasitasnya, red) lebih dari 50 persen," jelasnya. 

Sebelumnya dikatakan Anton bahwa telah disusun jadwal untuk dilakukan sidak di tiga Mal besar yang ada di Kota Malang. Yakni MOG (Mall Olympic Garden), Transmart dan Matos. 

Baca Juga : Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 8 Mei 2021, Elsa Pikirkan Cara untuk Buat Aldebaran Stres

"Sidak hari ini sebenarnya ke MOG, lalu ke Transmart dan juga Matos. Karena waktu tidak mencukupi, akhirnya di satu tempat saja, yakni di Matos," terangnya. 

Terakhir, Anton mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Malang, dalam momentum perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah agar tetap mentaati kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah yakni dilarang mudik dan menerapkan protokol kesehatan. 

"Tentunya pusat keramaian itu ada di Mal dan kita prediksi tinggi. Saya minta masyarakat tetap konsisten mentaati prokes dan fokusnya tidak berkerumun," tutupnya.

Topik
sidak pusat perbelanaan Kota Malang Protokol Kesehatan Covid 19

Berita Lainnya