Setelah Vaksin Sinovac, Kota Batu Terima 657 Vial Vaksin Astrazeneca | Batu TIMES

Setelah Vaksin Sinovac, Kota Batu Terima 657 Vial Vaksin Astrazeneca

May 07, 2021 20:58
Petugas kesehatan saat menunjukkan vaksin sinovac di Kota Batu. (Foto: istimewa)
Petugas kesehatan saat menunjukkan vaksin sinovac di Kota Batu. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Jika semula Kota Batu menerima vaksin Covid-19 yakni Sinovac asal Tiongkok, kali ini berbeda. Kota Batu mendapatkan vaksin Astrazeneca multi dosis buatan dari Inggris.

Vaksin yang diterima ini ada 657 vial yang terdiri dari 10 dosis vaksin. Dengan demikian Kota Batu mendapatkan jatah 6.570 dosis. Dan vaksin tersebut untuk kali pertama hadir pada Rabu (5/5/2021).

Baca Juga : Jabatan Kepala Diskominfo dan Disperpusip Kota Batu Diperebutkan 10 ASN

Vaksin itu hadir untuk melanjutkan vaksinasi di Kota Batu. Kemudian vaksinasi pun langsung dilakukan pada Kamis (6/5/2021). “Vaksinasi Astrazeneca diberikan kepada lansia, guru, pelaku wisata,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu, dr. Susana Indahwati.

Selain itu juga diberikan kepada Perhimpunan Hotel Restaurant Indonesia (PHRI) Kota Batu, dan pondok pesantren. Jumlahnya yang divaksin ada 1070 masyarakat Kota Batu.

“Jumlah tersebut dilaksanakan di delapan tempat berbeda-beda,” imbuhnya. Di antaranya ada di Hotel Golden Tulip, RS Bhayangkara, Museum Tubuh, Hotel Batusuki, RS Baptis, RS Karsa Husada, RS Etty Asharto dan Sekolah Selamat Pagi.

Lalu apa perbedaan vaksin Sinovac dan Astrazeneca? Ia menambahkan, hampir tidak terdapat perbedaan. Hanya saja yang berbeda adalah hanya tenggang waktu vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua.

Jika vaksinasi menggunakan Sinovac tenggat waktu vaksinasi dosis pertama dan kedua hanya 14 hari. Namun untuk Astrazeneca tenggat waktu 12 minggu menuju vaksinasi dosis ke dua.

Baca Juga : Wali Kota Kediri Bersama Forkopimda dan Ulama Ajak Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah

Sedang, sejak Februari hingga 6 Mei vaksinasi sudah menembus angka 10.696 warga di Kota Batu. Dengan rincian untuk pelayan publik 6.205 orang dari total sasaran sebanyak 9.007 masyarakat atau sekitar 68,89 persen.

Kemudian vaksinasi kepada lansia 2.777 orang dari target 14.443 orang atau hanya mencakup 19,23 persen untuk dosis pertama. Untuk dosis kedua sejumlah 734 orang atau 5.08 persen.

Dan tenaga kesehatan ada 1724 dari target vaksinasi sebanyak 1662 orang atau cakupannya mencapai 103,73 persen.

Topik
vaksin astrazeneca Vaksin Covid 19

Berita Lainnya