Mudik Dilarang, Begini Cara Asyik Silaturahim Lebaran di Tengah Pandemi | Batu TIMES

Mudik Dilarang, Begini Cara Asyik Silaturahim Lebaran di Tengah Pandemi

May 13, 2021 11:45
Silaturahmi online (Foto: Cyberthreat.id)
Silaturahmi online (Foto: Cyberthreat.id)

INDONESIATIMES - Tahun ini, pemerintah kembali melarang mudik lebaran 2021. Hal itu dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih belum terkendali. 

Meski protokol kesehatan sudah diterapkan dan vaksinasi telah dilakukan, kita masih harus bersabar menanti wabah Covid-19 berakhir. Tentunya kebijakan ini harus ditaati demi keselamatan bersama agar terhindar dari penularan virus Covid-19.

Baca Juga : Sederet Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Negara, Di Turki Hanya Pria Saja yang Salat Id di Masjid

Walau tak bisa berjumpa secara bersama sanak saudara dan kerabat di kampung halaman, momen silaturahim saat Idul Fitri tetap dapat dilakukan melalui berbagai cara sebagai berikut.

1. Panggilan Video (Video Call)

Panggilan video menjadi salah satu alternatif untuk melepas rindu dengan saudara maupun teman. Terlebih, saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan panggilan video.

Bahkan, ada pula aplikasi panggilan video yang bisa menampung hingga 100 orang dalam satu panggilan. Cara ini tentu sangat efektif untuk mengobrol bersama keluarga besar yang terpisah karena jarak.

2. Saling Berkirim Makanan

Pada suasana Idul Fitri, tradisi berbagi makanan antar tetangga, saudara, maupun teman juga menjadi hal yang sering dilakukan. Di masa pandemi kebiasaan itu tetap bisa dilakukan, hanya saja dengan cara yang berbeda, yaitu melalui jasa pengiriman paket atau ojek online. 

3. Grup Chat

Baca Juga : Ternyata, Ini yang Dilakukan Iblis di Hari Raya Idul Fitri

Di era digital saat ini, setiap orang memiliki grup chat. Keberadaan grup chat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana menjalin silaturahmi, sekaligus berbagi momen seru saat Idul Fitri.

4. Media Sosial

Tentunya semua orang saat ini sangat erat yang namanya media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, maupun TikTok. Semua orang pun bisa membagikan apapun melalui platform tersebut dan tetap saling terhubung.

Mereka bisa mengucapkan selamat Idul Fitri melalui media sosial. 

Topik
Mudik Lebaran Idul Fitri larangan mudik Media Sosial

Berita Lainnya