Silaturahim Ramadan di Desa Sumberejo, Pemkot Batu Paparkan Program BPJS Gratis | Batu TIMES

Silaturahim Ramadan di Desa Sumberejo, Pemkot Batu Paparkan Program BPJS Gratis

May 04, 2021 20:40
Wakil Wali Kota Batu Ir Punjul Santoso usai memaparkan soal BPJS Gratis/ foto Muklas JatimTimes
Wakil Wali Kota Batu Ir Punjul Santoso usai memaparkan soal BPJS Gratis/ foto Muklas JatimTimes

 BATUTIMES- Silaturahim Ramadan ke Desa Sumberjo, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu jabarkan program jaminan kesehatan masyarakat lebih mudah. Sebab, upaya tersebut telah menjadi satu paket dengan program jaminan kesehatan nasional (JKN) untuk memastikan layanan kesehatan masyarakat.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menyatakan, bahwa sesuai dengan visi misi Kota Apel adalah masyarakat sejahtera dan sehat. Maka, Pemkot Batu telah mencapai target Universal Health Coverage (UHC).

Baca Juga : Sejarah Mudik Lebaran, Ternyata sudah Ada Sejak Era Kolonial

Politisi dari partai PDI-Perjuangan itu menjelaskan, bahwa capaian target itu, menandai bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Batu berhasil menjamin akses masuk tiap individu masyarakat terhadap pelayanan publik. Dalam hal ini adalah pelayanan kesehatan yang berkualitas dan serba dipermudah dari tingkat paling bawah. Dan, tanpa dibayangi kecemasan soal finansial.

“Itu artinya bahwa tiap penduduk Kota Apel telah menjadi peserta program JKN,” katanya dalam Silaturahim Ramadan yang digelar di Masjid Nurul Huda di Jalan Indragiri, pada Selasa (04/05/2021) sore. 

Secara teknik, lanjut Punjul, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi Surabaya mengatakan, penduduk Kota Batu bisa memanfaatkan penggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja untuk pergi berobat ke puskesmas. Atau pergi ke fasilitas kesehatan lanjutan yang ada di Kota Batu.

Misal, bisa pergi ke puskesmas setempat. Lalu, jika penyakitnya akut bisa dirujuk ke Rumah Sakit Karsa Husada. Kemudian, bisa juga dirujuk berobat ke Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang, dan ke Rumah Sakit Lavalet serta juga ke Rumah Sakit Soeproen.

"Karena Pemkot Batu bayar ke BPJS Kesehatan tiap bulannya Rp 35 Miliar. Buat masyarakat keseluruhan. Caranya, komunikasikan ke kepala desa, bawa surat pernyataan sebagai warga Kota Batu. Dan, hanya bawa KTP saja," kata Punjul.

Punjul menambahkan, bagi penduduk kota yang menyebar di tiga kecamatan ini yang belum masuk menjadi peserta jaminan kesehatan nasional, atau terdaftar di BPJS Kesehatan mandiri yang memiliki tunggakan BPJS Kesehatan, atau masuk kriteria masyarakat kurang mampu, bisa menghubungi lurah atau kepala desa setempat, untuk mendapatkan pelayanan fasilitas pendaftaran.

"Jadi, jangan tunggu sakit. Mari manfaatkan program jaminan kesehatan yang dianggarkan dari APBD sebesar kurang lebih Rp 35 miliar. Ini semua demi masa depan yang produktif dan sehat. 

Sementara itu, dalam Silaturahim Ramadan juga dihadiri Camat Batu Yopie Supriadi. Ia menambahkan dengan adanya program jaminan kesehatan diharapkan bisa membantu warga. Sebab, dengan didukung masyarakat, semua program bisa berjalan dengan baik dan sempurna.

Baca Juga : Mudik Dilarang, Tradisi Unjung-Unjung Lebaran Tetap Diperbolehkan di Kota Malang

"Ayo dukung program pemerintah. Demi Kota Batu, sehat dan Kota Batu, kuat," kata Yopi kepada JatimTimes di sela-sela kegiatan acara ini.

Masih di tempat yang sama, Kepala Desa Sumberjo Riyanto menyambut baik rencana dan program yang disampaikan ke masyarakat luas. Terutama program kesehatan dan santunan. Sebab, ada banyak warganya yang didaftarkan untuk memperoleh bantuan selama ramadan.

Apalagi, di masa pandemi Covid-19 ini. Riyanto mengakui bila kondisi saat ini masih terpuruk. Dengan adanya bantuan dan tali asih bisa meringankan beban masyarakat dalam menghadapi tantangan hidup dan menghadapi pandemi covid-19.

Masih di tempat yang sama, Silaturahim Ramadan 2021, diadakan secara bergilir ke masjid-masjid yang ada di Kota Apel ini. Acara ini digelar oleh bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Batu. Dan, acara itu juga diisi dengan santunan kepada anak-anak yatim piatu serta kaum duafa.

Tiap kepala mendapatkan jatah uang sebanyak Rp 500 ribu. Dan, jumlah anggaran yang dialokasikan dari bagian Kesra sejumlah Rp 2 miliar.

Dalam acara Silaturrahim Ramadan 2021, selain dihadiri Camat Batu Yopi. Turut hadir M Chori Kepala Badan Pendapatan Daerah. Juga perwakilan dari Polres Batu, dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kota Batu Hendry Suseno SP MM. Dan Kabag Umum Dinas Pemadam Kebakaran dan Rescue Kota Batu Supriyanto.

Topik
Jaminan Kesehatan Nasional Kota Batu BPJS Kesehatan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso

Berita Lainnya