Unik, Risol Cetarz Buatan Arek Malang ini Terasa Manis dan Legit | Batu TIMES

Unik, Risol Cetarz Buatan Arek Malang ini Terasa Manis dan Legit

Apr 25, 2021 11:23
Pengusaha Risol Cetarz, Wilda Uliarosa Damayanti saat menunjukkan kreasi risol warna-wani buatannya. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Pengusaha Risol Cetarz, Wilda Uliarosa Damayanti saat menunjukkan kreasi risol warna-wani buatannya. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Bagi kalian penikmat jajanan, tentu sudah tak asing dengan jajan pasar Risol. Tapi, ada hal berbeda yang hadir dalam kreasi jajanan 'Risol Cetarz' buatan warga lokal Malang ini lho.

Jika pada umumnya, sajian jajanan risol merupakan makanan yang terbuat dari tepung dengan berbagai isian sayur dan daging. Tapi kreasi Risol Cetarz ini diubah menjadi manis, seperti apa ya rasanya?

Baca Juga : Awas Tertipu, Sederet Wajah Tampan dan Cantik di Media Sosial ini Ternyata Tak Ada Wujudnya di Dunia Nyata

 

Hal itulah yang dikreasikan oleh pengusaha kuliner di Kota Malang, Wilda Uliarosa Damayanti. Ia membuat kreasi risol yang tak hanya manis, tapi juga hadir dengan berbagai varian warna. Hmmm... menarik bukan?

Berbagai varian warna ini ia buat dengan varian isi yang juga sesuai warnanya. Mulai dari isian cokelat, greentea hingga ekstrak buah. Rasanya, manis, legit dan lumer saat digigit, cocok sebagai menu takjil berbuka puasa.

Diceritakan Wilda, inovasi olahan risol manis buatannya ini muncul karena dirinya yang tak menyukasi risol berasa asin di pasaran. Karenanya, ia yang cukup hobi mengkreasikan berbagai resep makanan ini pun mencoba kreasi unik dengan membuat risol manis aneka rasa.

"Ide ini muncul karena saya pribadi kurang suka risol asin dengan beragam isiannya. Jadi saya mencoba berinovasi untuk membuat risol yang manis ini dengan berbagai rasa dan warna menarik," ujarnya.

Risol atau risoles sendiri, merupakan kue yang sudah ada sejak zaman penjajahan oleh Belanda. Umumnya, terbuat dari lembaran adonan yang diisi suwiran ayam dan sayuran. Maka, Risol Cetarz ini hadir dengan 4 pilihan rasa yang unik.

Di antaranya, cochocheese, strawberry, grentea hingga lemon. Proses pembuatannya pun dibuat manual, mulai dari adonan kulit risol. Yang kemudian dibentuk segi empat dan dibalur tepung roti lalu digoreng kering.

Menurut Wilda, bisnis yang sudah ditekuninya sejak 2015 silam ini diberi nama 'Risol Cetarz' lantaran ketika digigit bakal memunculkan sensai berbeda. Yakni, berupa lumeran isian dan cetarz.

"Karena pas digigit kayak cetar gitu, lumer banget di mulut gitu, warnanya warna warni termasuk isiannya. Dan nggak enek saat dinikmati. Cocok buat takjil saat buka puasa," ungkapnya.

 

Dalam pembuatan 'Risol Cetarz' ini, dikatakan Wilda, menggunakan kualitas bahan premium dan tanpa bahan pengawet. Hanya saja, saat proses menakae bahan perlu ada ketelitian saat menakar bahan agar kulit risol tidak pecah dan ambyar saat dilipat.

Baca Juga : Kripik Gadung Buatan Uswatun Hasanah Makin Laris Manis Jelang Hari Raya

 

Prosesnya, tak jauh berbeda dengan pembuatan risol pada umumnya. Yakni, menggunakan bahan dasar umum, seperti tepung terigu, telur, garam, gula dan susu cair.

"Proses pembuatannya sama dengan risol pada umumnya. Cuma yang membuatnya berbeda di isian saja. Dan Saya bikin sendiri dengan perpaduan rasa manis," kata perempuan lulusan Ilmu Komunisasi UMM tersebut.

Dengan inovasi jajanan kulinernya ini, diakui Wilda, sudah diminati banyak orang. Bahkan dirinya kerap mendapat pesanan hingga luar kota. Setiap bulannya omset yang dihasilkan dari usaha risol manis tersebut kurang lebih mencapai Rp 10 juta.

Namun, memasuki bulan Ramadan, dirinya cukup memang membatasi pesanan. Pasalnya, dirinya mengerjakan semua prosesnya sendiri  dan harus membagi waktu untuk beraktivitas dengan sang buah hatinya yang berusia 2 tahun.

"Selama ramadan, penjualan lumayan meningkat. Tapi memang saya batasi, karena tenaga ya. Ya kerja, ya sambil ngurus anak juga," katanya.

Nah, bagi kalian yang tengah mencari takjil unik dan berbeda, harga yang dibanderol 'Risol Cetarz' ini cukup ramah di kantong lho. Wilda mematok risol manisnya mulai dari Rp 18-20 ribu bergantung pada varian rasa dan isiannya. 

Satu paket berisi lima buah risol manis siap konsumsi. Pembeli pun bisa bebas memilih, mau membeli kemasan yang sudah matang, atau frozen lengkap dengan topingnya, yakni melalui online, di akun Instagram @onoae_food.

Topik
jajanan risol Pengusaha Kuliner Kota Malang

Berita Lainnya