Sebut Proyek Pembangunan Pasar Besar Kota Batu Belum Jelas, DPRD Minta Bukti DIPA | Batu TIMES

Sebut Proyek Pembangunan Pasar Besar Kota Batu Belum Jelas, DPRD Minta Bukti DIPA

Apr 07, 2021 14:29
Suasana Pasar Besar Kota Batu, Rabu (7/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)
Suasana Pasar Besar Kota Batu, Rabu (7/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)

BATUTIMES- Rencana pembangunan Pasar Besar Kota Batu yang menghabiskan anggaran APBN sebesar Rp 200 miliar, diakui masih belum jelas. Legislatif pun mendorong agar Pemkot Batu segera menyelesaikan setiap detail yang dibutuhkan sebelum proses pembangunan dijalankan.

"Pihak Pemkot Batu harus bisa memastikan bukti fisik sebelum melakukan relokasi terhadap pedagang. Anggaran relokasi pedagang sudah dianggarkan juga sebesar Rp 3 miliar. Namun kami tidak menyetujui jika belum ada bukti fisik seperti DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran)," kata Anggota Komisi C DPRD Kota Batu Didik Machmud, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga : Ini 10 Penyanyi Terkenal yang Dulu Tak Lolos Indonesian Idol

Lebih jauh dia menjelaskan, pihak eksekutif seharusnya memanfaatkan tim percepatan dari Pemkot untuk berkomunikasi dengan pemerintah pusat, jika pembaruan Pasar Besar Batu merupakan program yang serius.

"Bukti fisik berupa DIPA tersebut nantinya bisa dijadikan dasar untuk menyetujui adanya relokasi pedagang yang berjumlah sekitar 3.200 orang. Kalau memang masih belum ada kejelasan maka jangan bermimpi," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Himpunan Pedagang Pasar (HPP) Kota Batu Johan Bambang Irawan mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi bahwa APBN untuk pembangunan Pasar Besar Kota Batu tidak terdapat di tahun anggaran 2021.

Pihaknya juga sudah mengajukan perbaikan melalui DPRD karena retribusi pasar selalu terpenuhi dan tidak pernah terlambat. Namun, jika tidak disetujui maka pihaknya akan melakukan swadaya pedagang untuk dilakukan pengecoran.

Baca Juga : Reklame Rokok Nangkring di Tugu Pesawat Suhat, Disnaker-PMPTSP: Masih Belum Berizin

"Pasar besar sebaiknya dibenahi aspal, area parkir, dan beberapa atap yang sudah bocor. Karena banyak keluhan oleh masyarakat terlebih petani yang sering menyuplai stok bahan di pusat ekonomi tersebut," ujarnya.

Topik
Rencana pembangunan Pasar Besar Kota Batu DPRD Kota Batu Berita Jatim

Berita Lainnya