Buruh Bakal Turun ke Jalan 12 April Mendatang, Cek Titik Demo | Batu TIMES

Buruh Bakal Turun ke Jalan 12 April Mendatang, Cek Titik Demo

Apr 06, 2021 13:09
Foto : Internet
Foto : Internet

INDONESIATIMES – Aksi lanjutan menolak Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, sejumlah buruh akan melaksanakan demo besar pada Senin 12 April 2021 mendatang. Kabarnya, demo  itu melibatkan ribuan buruh dari 20 provinsi di Indonesia.

“Bentuk aksinya, ada perwakilan yang tanggal 12 April datang ke Mahkamah Konstitusi sebagai simbol penolakan omnibus law. Dan di daerah ada perwakilan yang datang ke kantor gubernur atau kantor bupati dan wali kota di daerah masing-masing,” ucap Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.

Baca Juga : Duta Informasi Masuk Babak Grand Final, Sekda Kabupaten Malang Tekankan Hal Ini

Aksi tersebut juga akan  tersebar di beberapa provinsi. Antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Maluku, dan NTB.

“Sangat meluas aksi yang direncanakan ini. Dari jumlah yang ikut sebanyak puluhan ribu orang. Perusahaan atau pabrik seribuan, dari provinsi sebanyak 20 provinsi, dan lebih dari 150 kabupaten/kota juga turut mengikuti aksi ini,” ujarnya.

Iqbal juga sudah memastikan bahwa aksi yang akan dilakukan pada Senin mendatang akan mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan (prokes). Para buruh yang akan melakukan aksi sudah siap melakukan rapid test antigen serta protokol kesehatan lainnya.

Baca Juga : Kasatpol PP Ralat Ucapan, Tak Ada Pelemparan Flare ke Rumah Dinas Wali Kota Malang

“Untuk itu, tidak ada alasan larangan ketika para buruh menggunakan hak konstitusionalnya dengan terlebih dahulu melakukan pemberitahuan kepada pihak kepolisian terkait aksi ini. Lokasinya juga di lingkungan perusahaan di dalam pabrik. Kan sudah masuk dalam protokol kesehatan. Kalau dilarang, berarti orang yang sedang kerja disuruh pulang juga dong,” tutur Iqbal. 

Topik
Demo Buruh Tolak UU Cipta Kerja

Berita Lainnya