Libur Panjang, Arus Lalu Lintas Masuk Kota Malang Padat | Batu TIMES

Libur Panjang, Arus Lalu Lintas Masuk Kota Malang Padat

Apr 03, 2021 16:16
Tampak kepadatan arus lalu lintas di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Tampak kepadatan arus lalu lintas di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Libur panjang akhir pekan di awal Bulan April 2021, mulai Jumat (2/4/2021) yang bertepatan dengan peringatan Wafat Isa Almasih hingga Minggu (4/4/2021) yang bertepatan dengan Hari Paskah, membuat masyarakat keluar rumah untuk pergi berlibur ke kawasan Kota Malang. 

Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution mengungkapkan, dengan berlangsungnya beberapa peringatan hari besar di akhir pekan membuat kepadatan arus lalu lintas terjadi pada hari Sabtu (3/4/2021) ini. 

Baca Juga : Suasana Damai Paskah di Jawa Timur, Berlangsung Kondusif dan Aman

"Untuk hari Jumat kemarin, tidak terlalu signifikan. Justru hari ini yang lebih banyak daripada hari kemarin. Untuk dari arah utara ke selatan yang masuk wilayah Kota Malang, kurang lebih ada peningkatan volume kendaraan sebanyak 50 persen dari hari biasanya," ujarnya kepada MalangTIMES.com, Sabtu (3/4/2021). 

Perwira yang akrab disapa Rama itu melanjutkan, berdasarkan pemantauan dari jajaran Satlantas Polresta Malang Kota, hingga siang tadi sekitar pukul 11.30 WIB masih terjadi peningkatan volume kendaraan yang masuk ke Kota Malang. 

Dikatakan Rama, bahwa kawasan yang menjadi fokus penguraian kepadatan arus lalu lintas yakni beberapa kawasan KTL (Kawasan Tertib Lalu lintas), jalur ke Kota Batu dan jalur ke Kabupaten Malang. 

"Di PDAM lama dan Borobudur, itu yang menjadi konsentrasi kami. Karena pemecahan arus yang menuju ke Kota Batu atau Kabupaten Malang. Jadi kita atensi di jalur tersebut. Serta kepadatan arus lalin di Lowokwaru, yaitu sekitar Dinoyo," terangnya. 

Untuk waktu kepadatan sendiri, Rama menuturkan, berdasarkan hasil pemantauan terdapat perbedaan antara hari Jumat dengan Sabtu ini. Jika pada hari Jumat kemarim disampaikan Rama terjadi mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. 

"Untuk hari ini, masih terlihat hingga pukul 12.00 WIB. Kemungkinan baru akan reda setelah pukul 12.30 WIB atau 13.00 WIB. Namun untuk sore hari, akan ada yang turun juga dari Batu melintas ke Kota Malang via Dau ataupun melintas di wilayah kita yaitu seputaran Dinoyo, Suhat," bebernya. 

Baca Juga : Desain Garuda Istana Negara Ibu Kota Baru Jadi Kontroversi, Ini Kata Jokowi

Pada saat turun dari Kota Batu itu juga akan terjadi kepadatan arus lalu lintas sekitar pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Hal itu disebabkan masyarakat yang habis berlibur di Kota Batu akan berwisata kuliner di sekitaran Kota Malang. 

Sementara itu, perwira dengan satu melati di pundaknya ini mengatakan, bahwa pada hari Minggu (4/4/2021) besok, jumlah peningkatan volume kendaraan akan perlahan kembali normal. 

"Saya kira ini hari terakhir, besok hari Minggu sudah normal. Tinggal menunggu yang turun dari Batu. Besok kemungkinan sudah menurun daripada hari ini," pungkasnya.

Topik
libur panjang hari paskah arus lalu lintas kota malang Polresta Malang Kota Titik Rawan Macet berita kota malang

Berita Lainnya