Angkat Pesan Toleransi, Novel Si Doel Anak Jakarta akan Dijadikan Web Series | Batu TIMES

Angkat Pesan Toleransi, Novel Si Doel Anak Jakarta akan Dijadikan Web Series

Feb 23, 2021 09:30
Novel Si Doel Anak Jakarta (Foto: IST)
Novel Si Doel Anak Jakarta (Foto: IST)

INDONESIATIMES- Novel Si Doel Anak Jakarta akan segera diangkat menjadi web series. Novel tersebut merupakan karya Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan pada tahun 1932.

Rencananya, web series akan dirilis pada 2022 mendatang. Original versi dari karangan tersebut lebih mengangkat pesan toleransi dari kesalehan sosial anak-anak betawi.

Baca Juga : Diancam Akan Dibunuh, Amanda Manopo Sempat Drop dan Siap Tempuh Jalur Hukum

Disampaikan oleh Praktisi Film Aditya Yusma Perdana, sudah sewajarnya jika karya sastra klasik seperti Aman Datuk Madjoindo itu kembali dilestarikan. Lantaran banyak hal positif yang bisa dipetik melalui karya tersebut. 

Terlebih di tengah situasi ingar bingar informasi di era digital saat ini. "Karya-karya beliau menjadi tamu kehormatan di mancanegara, juga kalau menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kita melihat banyak karya beliau yang difilmkan di sinetron, menjadi literasi di beberapa universitas dan lain-lain," ujar Aditya dalam Webinar Pentingnya Pendidikan Toleransi melalui Sastra Klasik, Senin (22/2/2021).  

Aditya juga mengatakan jika Si Doel Anak Jakarta ini adalah salah satu contoh kasus transformasi untuk melepaskan streotip yang lama melekat pada masyarakat betawi. Salah satu contohnya yakni dikala itu tidak mampu secara pendidikan dan tak mampu secara ekonomi.  

Oleh sebab itu, dia berharap inisiasi para ahli waris dan didukung penuh BNPT dengan Balai Pustaka, Si Doel Anak Betawi atau Jakarta ini mampu menjadi web series atau film anak di tahun 2022 yang berkualitas.  

Baca Juga : Dear Mahasiswa UIN Malang, Daftar Program ini Bisa Kuliah Tanpa Biaya Loh!

Sebagai informasi novel Si Doel Anak Jakarta ini juga pernah diadaptasi menjadi film pada tahun 1972 dengan judul Si Doel Anak Betawi. Kemudian pada tahun 1994 diadaptasi bebas menjadi sinetron dengan judul Si Doel Anak Sekolahan. Kini novel tersebut direncanakan akan dibuat web series bergenre anak-anak.

Topik
Aman Datuk Madjoindo Si Doel Anak Betawi Aditya Yusma Perdana Dunia Film

Berita Lainnya