Unisma Gandeng iBLU Academy, Latih Dosen Buat Media Pembelajaran | Batu TIMES

Unisma Gandeng iBLU Academy, Latih Dosen Buat Media Pembelajaran

Feb 22, 2021 08:42
Suasana saat pembukaan pelatihan terdahap para dosen tentang media pembelajaran kerjasama Unisma dan iBLU Academy (Ist)
Suasana saat pembukaan pelatihan terdahap para dosen tentang media pembelajaran kerjasama Unisma dan iBLU Academy (Ist)

MALANGTIMES - Peningkatan kualitas dan layanan akademik adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Terlebih lagi dalam bentuk pembelajaran kepada mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi. 

Berlatar kondisi itu, Universitas Islam Malang (Unisma) sebagai satu-satunya kampus swasta yang memiliki lisensi resmi dari Microsoft bekerjasama dengan International Better Learning Upgrade (iBLU-Academy) menggelar pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Microsoft, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Potret Kebersamaan TNI-Polri Saat Bantu Korban Banjir

 

Wakil Rektor 1 Unisma Prof H Junaidi Mistar MPd PhD menjelaskan, jika kegiatan ini merupakan salah satu hal yang didapatkan karena Unisma mengunakan software resmi dari Microsoft.

"Nah dengan kontrak penggunaan software original ada hak yang melekat di dalamnya yang diberikan oleh Microsoft. Salah satunya adalah kesediaan dari Microsoft untuk memberikan pelatihan, baik untuk tenaga akademik seperti dosen maupun tenaga kependidikan," ujarnya.

Selain itu, dijelaskannya, jika kegiatan pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Lustrum Unisma ke-8 dan akan diselenggarakan dalam beberapa sesi angkatan pelatihan.

"Pelatihan ini akan diselenggarakan dalam beberapa angkatan. Ini angkatan pertama yang diselenggarakan selama dua hari yakni pada tanggal 21 dan 25 Februari 2021," terangnya.

Lebih lanjut, Junaidi menjelaskan, bahwa saat ini peserta pelatihan baru berasal dari kalangan dosen Unisma saja. Tapi tidak menutup kemungkinan pada angkatan kedua dapat diikuti oleh peserta di luar Unisma.

"Yang jelas nanti pada putaran berikutnya selain peserta offline dari internal Unisma, kegiatan pelatihan ini dapat diikuti juga oleh Perguruan Tinggi Nahdhatul Ulama (PTNU) lain yang akan bergabung secara daring," paparnya.

Perwakilan iBLU-Academy Nasrullah Haris, menyebutkan dalam kurun waktu dua hari, pelatihan akan diisi seputar pembuatan media pembelajaran dengan tools basic yang biasa telah digunakan. 

Baca Juga : Dinilai Efektif, PPKM Mikro Jatim Mampu Tekan 210 RT Zona Merah

 

“Tentunya seperti Microsoft office, desain layout, animasi basic, videografi hingga optimalisasi Microsoft tools,” terangnya.

Sebelumnya, pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari Unisma yang menerima langsung sertifikasi lisensi dari Direktur iBLU-Academy Microsoft Autorize Partner Resmi di Indonesia Umar Khadafi MPd MOS MCE, Jumat (5/2/2021). Sertifikat lisensi diberikan setelah Unisma memperpanjang lisensi sertifikasi Microsoft Internasional.

Dengan sertifikasi ini, Unisma berhak menguji dan memberikan sertifikat microsoft internasional kepada mahasiswa maupun para dosen. Termasuk bagi pihak dari luar Unisma.

Unisma sendiri merupakan perguruan tinggi swasta yang memiliki lisensi tersebut di wilayah Malang yang berlisensi Microsoft. Di bidang ini status Unisma di Indonesia kini menjadi Certiport Authorized Testing Center.

 

Topik
Unisma iBLU Academy kerjasama Unisma dan iBLU Academy Universitas Islam Malang lisensi resmi dari Microsoft international better learning upgrade

Berita Lainnya