Manfaatkan Space Lahan Guna Penghijauan, Wawali Kota Malang Sasar Balai Uji KIR untuk Tanam Pohon | Batu TIMES

Manfaatkan Space Lahan Guna Penghijauan, Wawali Kota Malang Sasar Balai Uji KIR untuk Tanam Pohon

Feb 16, 2021 18:23
Wakil Walikota Malang Sofyan Edy Jarwoko saat melakukan penanaman pohon dikawasan Balai Uji KIR Kota Malang (Ist)
Wakil Walikota Malang Sofyan Edy Jarwoko saat melakukan penanaman pohon dikawasan Balai Uji KIR Kota Malang (Ist)

MALANGTIMES - Komitmen Pemerintah Kota Malang (Pemkot) untuk melakukan penghijauan di Kota Malang terus diwujudkan dengan langkah penanaman pohon pule. 

Pohon yang ditanam ini merupakan pohon ke 2.743. Tak hanya pada kawasan lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) saja, namun upaya penghijauan juga dilakukan Pemkot Malang dikawasan perkantoran.

Baca Juga : Sungai Sabrangan Tercemar Limbah, DLH Kota Batu Sebut Pipa IPL Alami Keretakan

Wakil Walikota Malang Sofyan Edy Jarwoko menjelaskan, jika pihaknya memanfaatkan lokasi atau space lahan yang ada dengan memaksimalkannya untuk penghijauan. Seperti halnya dikawasan perkantoran Balai Uji KIR Kota Malang. 

Menurutnya, wilayah tersebut masih mempunyai potensi lahan yang cocok untuk ditanami pepohonan.

"Wilayah Kantor Balai Uji KIR ini masih memiliki lahan untuk kita hijaukan, sehingga masih sangat memungkinkan untuk ditanami bibit pohon Pule" ujarnya.

Penanaman pohon di kawasan perkantoran, bukan hanya dimaksudkan untuk upaya penghijauan saja. Lokasi perkantoran Balai Uji KIR yang notabene merupakan wilayah pelayanan publik, diharapakan menjadi lokasi yang nyaman setelah adanya penanaman pohon.

"Kalau di sini rindang dan sejuk maka masyarakat yang datang untuk melakukan uji KIR juga menjadi nyaman dan kerasan sembari menunggu antrian" ungkapnya.

Di sisi lain, kembali lagi pihaknya mengimbau untuk semua pihak terlibat dalam upaya penghijauan di Kota Malang. Pihaknya meminta masyarakat untuk memanfaatkan space lahan yang ada untuk penanaman pohon.

"Dengan begitu tentunya membuat baik kondisi udara di Malang, alamnya semakin lestari dan tentu keindahan kota juga akan semakin baik. Namun yang lebih penting adalah budaya menanam pohon ini bisa menjadi karakter dari arek-arek Malang," terang pria yang akrab disapa Bung Edy ini.

Baca Juga : Temuan Sampah di Saluran Drainase Buat Petugas DPUPRPKP Kota Malang Geleng Kepala

Sementara itu, seperti diketahui, jika Pemkot Malang berkomitmen untuk melakukan penghijauan kawasan Kota Malang. Tak tanggung-tanggung, 11 ribu pohon Pule ditargetkan bakal ditanam tersebar di seluruh wilayah Kota Malang.  Dari target 11 ribu pohon pula yang tertanam, saat ini Pemkot Malang telah melakukan penanaman pohon Pule sebanyak 2.743 pohon.

Berdasarkan data yang ada, Dinas Perhubungan Kota Malang menerima total 125 bibit pohon Pule. 50 bibit Pohon Pule ditanam bersama dengan masyarakat sekitar di Balai Uji KIR, sedangkan sisanya akan ditanam di kawasan Terminal Mulyorejo.

"Kedepan, saya berharap agar secara perlahan kita dapat melakukan penghijauan secara merata di seluruh wilayah Kota Malang," pungkasnya.

 

Topik
penanaman pohon Wawali Kota Malang pohon pule space lahan berita kota malang

Berita Lainnya