Isi Kekosongan Jabatan, Sekda Kabupaten Malang Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Malang | Batu TIMES

Isi Kekosongan Jabatan, Sekda Kabupaten Malang Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Malang

Feb 16, 2021 17:56
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat menjelaskan agenda memori jabatan Plh Bupati Malang. (Foto: Dokumen JatimTIMES)
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat menjelaskan agenda memori jabatan Plh Bupati Malang. (Foto: Dokumen JatimTIMES)

MALANGTIMES - Pelantikan terhadap Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih dikabarkan bakal ditunda. Sebagai gantinya, untuk mengisi kekosongan jabatan bupati yang bakal berakhir dalam waktu dekat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang sebagai Pelaksana Harian.

”Sekarang bagian pemerintahan (Pemkab Malang) sedang ke Surabaya untuk ambil SK-nya (Surat Keputusan),” kata Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat ditemui awak media di Pringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Selasa (16/2/2021).

Baca Juga : Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Blitar Terpilih Ditunda

Sesuai rundown yang telah ditentukan Pemprov Jatim, dijelaskan Wahyu, agenda penyerahan memori jabatan Plh Bupati Malang itu bakal dilangsungkan pukul 14.00 WIB. Sedangkan agendanya dilaksanakan di Ruang Anusapati, Pringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Rabu (17/2/2021).

”Kalau sesuai dengan rundown dari Pemprov (Jatim) yang sudah diterima. Besok siang jam 14.00 WIB ada penyerahan memori jabatan (Plh Bupati Malang) di Anusapati,” ucapnya.

Dalam serangkaian acara memori jabatan tersebut, Bupati Malang terpilih yakni Sanusi dikabarkan juga akan memberikan sambutan. 

”Memori jabatan itu, nantinya juga akan ada sambutan dari Pak Bupati kemudian sambutan dari Plh. Seremonial-nya hanya itu saja,” imbuhnya.

Namun karena dilangsungkan di tengah pandemi Covid-19, lanjut Wahyu, agenda memori jabatan tersebut hanya dihadiri oleh beberapa tamu undangan saja. Yakni mulai dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan beberapa perwakilan camat di Kabupaten Malang.

”Nanti (prosesi memori jabatan) akan disaksikan semua OPD dengan beberpa perwakilan dan camat saja. Karena Pak Dirjen Otda (Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri) minta (undangan, red) tidak boleh banyak-banyak, jadi harus tetap physical distancing,” jelasnya.

Baca Juga : Pemkab Malang Bakal Libatkan Wartawan saat Vaksinasi Prioritas Kedua

Khusus untuk tamu undangan dari jajaran camat, dijelaskan Wahyu, kemungkinan hanya para camat dari eks Pembantu Bupati yang akan diundang. ”Disesuaikan dengan kapasitasnya Anusapati. Jadi hanya kepala OPD dan perwakilan 7 camat di eks Pembantu Bupati saja (undangannya, red),” terangnya.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, Wahyu dimungkinkan menjabat sebagai Plh Bupati Malang hingga akhir bulan Februari 2021. 

”Karena nanti diakhir bulan (Februari 2021) memori jabatan sudah saya serahkan lagi. Jadi jabatan (Plh) sesuai arahan dari Dirjen Otda kemarin, kurang lebih sampai dengan 2 minggu. Jadi hanya sampai dengan akhir bulan ini,” pungkasnya.

 

Topik
plh bupati malang Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat berita kabupaten malang

Berita Lainnya