Tak Kalah Keren, Hanbok Kekinian Ini Terbuat dari Olahan Sampah | Batu TIMES

Tak Kalah Keren, Hanbok Kekinian Ini Terbuat dari Olahan Sampah

Feb 03, 2021 07:51
Hanbok kekinian dari bahan daur ulang. (Foto: Instagram @darcygom).
Hanbok kekinian dari bahan daur ulang. (Foto: Instagram @darcygom).

MALANGTIMES - Jika mendengar tentang Korea, K-Pop, ataupun K-Drama tentu tak akan lupa dengan fashion para aktris-aktris ternamanya. Beragam jenis busana yang dikenakan tentu seakan menarik perhatian semua pecinta fashion di seluruh dunia.

Nah, kreatifitas para desainer-nya pun juga patut diakui jempol. Tak hanya menghadirkan busana-busana dengan bahan yang super mahal saja lo. Tapi, desainer yang satu ini justru membuat berbagai busana salah satunya khas pakaian korea hanbok kekinian yang menggunakan bahan daur ulang. Menarik bukan?

Ya, Lee Sang Ju, seorang desainer asal Korea Selatan dari merk Darcygom, mengubah sampah kain menjadi produk fesyen kekinian. Termasuk hanbok atau pakaian khas Korea di era zaman kerajaan itu yang diubah menjadi super kece.

Bahkan, busana-busana buatannya ini menjadi langganan tampil di gelaran peragaan busana seperti Seoul Fashion Week dan dipakai oleh pesohor-pesohor Korea, termasuk selebriti dan idol K-pop.

 

 

Melalui ide ini, Lee Sang Ju ingin membawa misi menyelamatkan lingkungan. Yakni, dengan pemanfaatan sampah kain namun tetap mempertahankan pakaian tradisional Korea yang nyaman dipakai sehari-hari.

Baginya, sampah kain bukan sampah kotor. Tetapi, merupakan potongan bahan yang tidak terpakai. Padahal, banyak diantara sampah itu yang dinilai memiliki kualitas kain yang bagus.

Misi dan kesukaanya pada dunia mode inilah yang kemudian diaplikasikan menjadi bisnis menguntungkan. Awalnya, dia belajar membuat Hanbok sendiri dan mencoba menjualnya hingga memiliki banyak peminat dari hasil rancangannya.

 

 

Kemudian, melalui Darcygom diluncurkan rancangan yang berasal dari bahan yang tak disangka-sangka. Di salah satu rancangannya, dibuat jaket dengan setelan model jeogori (atasan Hanbok) berbahan dari kain jok mobil yang dibalik. Rancangan tersebut pernah dipamerkan dalam DARCYGOM 2019 Fashion Week untuk koleksi Quirky Nerdy Like No Tomorrow.

Selanjutnya, pakaian yang dibuat dari bahan daur ulang spanduk dan bungkus kopi. Yakni, berupa mantel yang diubah menjadi Jeogori yang cocok dipadukan dengan aksesoris tradisional Korea. Begitu juga dengan setelan Hanbok modern dan gaun berbahan spanduk produk makanan dan iklan.

 

 

Tak hanya membuat karya-karya dengan bahan yang unik, koleksi Darcygom ini dipromosikan dengan cara yang unik pula, melalui berbagai kolaborasi. Salah satunya menggandeng grup tari Ambiguous Dance Company, yang sempat viral dalam video promosi budaya dan pariwisata Korea.

Ambiguous Dance Company sendiri merupakan grup tari yang mengangkat tema budaya tradisional Korea, baik dari segi musik dan pakaian yang dikenakan, serta dikemas dengan nyentrik dan menarik. Karakter grup tari ini membuat Darcygom tertarik menggaet mereka dalam promosi koleksi Ambiguous Jungle: Darcygom 2021SS.

Kolaborasi lainnya juga dilakukan dengan produk makanan Ottogi. Bukan dengan bungkus makanan, Darcygom mengolah spanduk Ottogi untuk dijadikan koleksi pakaian. Dari hasil kolaborasi ini, hadir untuk koleksi Zero Waste Fashion.

Topik
hanbok kekinian hanbok dari sampah hanbok adalah pakaian khas korea desainer asal korea selatan berita gaya hidup

Berita Lainnya