PPKM Berjalan, Polresta Malang Ubah Jam Pelayanan Satpas dan Samsat | Batu TIMES

PPKM Berjalan, Polresta Malang Ubah Jam Pelayanan Satpas dan Samsat

Jan 12, 2021 17:09
Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution saat ditemui pewarta di ruangan kerjanya, Selasa (12/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution saat ditemui pewarta di ruangan kerjanya, Selasa (12/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

Memasuki masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Kota Malang yang berlangsung mulai tanggal 11-25 Januari 2021, Satuan Lalulintas Polresta Malang Kota melakukan perubahan jam pelayanan di Kantor Satpas (satuan penyelenggara administrasi SIM) dan Samsat (sistem administrasi manunggal satu atap). 

Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution mengungkapkan, bahwa perubahan jam pelayanan tersebut dilakukan untuk mendukung program PPKM agar berjalan lancar dan sukses dengan memberikan pembatasan untuk masyarakat agar tidak berkerumun di satu titik yang sama. 

Baca Juga : Sehari Bencana Terjadi di 4 Desa, 3 Ternak Mati Tertimpa Longsor

“Jadi jam pelayanannya tetap, sampai 13.00 WIB. Namun, pelayanan kita ubah yaitu pukul 8 sampai 10 pagi untuk pemohon SIM, sim baru, uji praktek roda dua atau roda empat dan ujian teori,” ucap Ramadhan, Selasa (12/1/2021). 

"Untuk pukul 10.00 WIB sampai 13.00 WIB hanya untuk pemohon perpanjangan SIM," lanjutnya.

Perwira menengah dengan satu melati di pundaknya yang lebih akrab disapa Rama ini mengatakan, bahwa jajaran Satlantas Polresta Malang Kota juga membuka pelayanan di SIM Corner Plaza Araya. 

"Kita share juga untuk masyarakat pelayanan pukul 14.00 sampai 17.00 WIB. Sehingga dengan kegiatan ini masyarakat bisa terbagi. Tidak di satu jam maupun satu titik tempat, dari pagi hari semua sudah numpuk. Kita bagi waktunya agar tidak berkerumun di Satpas Polresta Malang Kota," jelasnya. 

Lanjut Rama, bahwa untuk di SIM Corner sendiri disampaikan hanya untuk perpanjangan SIM dan tidak dapat membuat baru. 

"Sehingga kita membagi pelayanan dan kami rencanakan juga nanti dari Satpas apabila kegiatannya sudah full, akan kita umumkan mereka untuk ke mall seperti di Araya untuk melaksanakan di Satpas corner," ujarnya. 

Sementara itu, terkait jam pelayanan pada Samsat Polresta Malang Kota juga mengalami perubahan. Hal itu merupakan upaya untuk mencegah persebaran Covid-19 dengan membagi dua jam pelayanan. 

Sedangkan untuk pengurusan BBN I kendaraan baru dan cetak lima tahunan atau ganti plat nomor dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB. Sedangkan untuk BBN II seperti mutasi masuk, mutasi keluar, balik nama dibuka mulai pukul 10.00 WIB Sampai 12.00 WIB. 

Baca Juga : Hari Pertama PPKM, Mayoritas Pedagang Taati Jam Malam, Namun Ada 7 Kedai di BAP

Khusus untuk perpanjangan pajak tahunan kendaraan, dapat melaksanakan perpanjangan di Samsat Unggulan yakni Drive Thru, Payment Point dan Samsat Keliling. 

Terkait perubahan jadwal jam pelayanan tersebut akan diberlakukan pada saat PPKM saja. 

"Selama PPKM saja, kalau PSBB kemarin belum ada. Jadi ini baru kita inovasikan dan kita bagi agar tidak berkerumun di satu tempat saja," tuturnya. 

Sebelumnya, untuk perubahan jam pelayanan juga sudah disosialisasikan  sejak satu hari sebelum diberlakukannya PPKM di Kota Malang. Namun masih ada saja masyarakat yang belum mendapatkan sosialisasi dari perubahan jam pelayanan di Satpas. 

"Sehingga tetap kami layani karena saat ini kebetulan juga sudah clear penumpukan dari sisa tahun baru kemarin. Masyarakat saat ini sudah bisa berjalan normal sehingga di Satpas juga tidak ada penumpukan maupun kerumunan yang terjadi di Satpas Polresta Malang Kota," tutupnya. 

Topik
pelayananan satpas dan samsat satpas dan samsat polresta malang Polresta Malang perubahan jam pelayanan berita kota malang

Berita Lainnya