Masjid Jin tampak dari luar (channel YouTube Alman Mulyana).
Masjid Jin tampak dari luar (channel YouTube Alman Mulyana).

Berbagai tempat bersejarah yang pernah disinggahi Rasulullah SAW sebagian besar telah dijadikan masjid. Tempat-tempat bersejarah itupun kemudian banyak dikunjungi oleh umat muslim di berbagai penjuru dunia.

Selain untuk melaksanakan ibadah, tempat-tempat bersejarah yang dijadikan masjid itu tentu menyimpan pelajaran tersendiri bagi setiap umat muslim.

Baca Juga : Mengenal Kitab Samawi, Bahasa yang Digunakan Tuhan ke Malaikat Jibril di Zaman Nabi Adam

Salah satunya seperti Masjid Jin di Makkah, yang jaraknya hanya beberapa ratus meter saja dari Masjidil Haram. Konon, di Masjid Jin itulah Rasulullah SAW telah mengislamkan sekitar tujuh jin. Hingga akhirnya saat itu dikenal ada Jin Muslim dan Jin kafir.

Dilansir dari channel YouTube Alman Mulyana, diperlihatkan jika Masjid Jin tersebut berada di pinggir jalan di kawasan bernama Dahlatul Jin. Nama wilayah tersebut diambil lantaran memang berdekatan dengan Masjid Jin. Terlihat di sekitaran masjid terdapat hotel dan beberapa pusat perbelanjaan.

Namun karena memang dalam kondisi pandemi covid-19, kondisi kawasan tersebut menjadi sepi. Padahal, saat sebelum pandemi kawasan tersebut selalu ramai dikunjungi. Meski begitu, Masjid Jin tetap ramai dengan banyak jamaah yang saat pengambilan video itu tengah melaksanakan salat Jumat.

"Ini saya salat Jumat pertama kali di Masjid Jin," kata Alman.

Dalam video itu, diceritakan jika Masjid Jin menjadi saksi bisu saat beberapa jin melantunkan kalimat syahadat. Ketika itu terjadi saat Rasulullah SAW tengah salat subuh dan melantunkan surah Ar-Rohman. Suara Rasulullah SAW yang merdu dan bahasa Al-Qur'an yang luar biasa tersebut telah membuat para jin yang lewat merasa sangat takjub.

Baca Juga : Keutamaan Hari Jumat, Perlancar Rezeki hingga Gandakan Amal Ibadah

Bukan hanya itu, disebutkan jika ketakjuban para jin bertambah saat Rasulullah SAW memanggil sebuah pohon yang tak jauh dari lokasi Rasulullah SAW tersebut salat subuh. Pohon tersebut berjalan menuju Rasulullah SAW dan berkomunikasi dengan Rasulullah SAW. Itu merupakan mukjizat yang dimiliki Rasulullah SAW.

Tempat tercabutnya pohon yang melangkah menuju Rasulullah SAW itupun kini juga dijadikan sebagai Masjid. Lokasinya sangat berdekatan dengan Masjid Jin dan hanya berseberangan jalan saja. Masjid itu dikenal dengan nama Masjid Shajarah yang memiliki arti Masjid Pohon.

Dinamakan demikian karena itu berkaitan dengan kisah tersebut di atas, yang menyebutkan jika adanya pohon yang berjalan saat dipanggil Rasulullah SAW. Tak jauh berbeda dengan Masjid Jin, Masjid Shajarah juga banyak dijadikan sebagai tempat untuk salat bagi umat muslim.