Para personil yang hingga sampai saat ini memperkuat Glorious Friends. (Foto: Dok. Glorious Friends)
Para personil yang hingga sampai saat ini memperkuat Glorious Friends. (Foto: Dok. Glorious Friends)

Di tengah situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang tengah mewabah di dunia, khususnya di Indonesia, tak menyurutkan langkah dan gerak salah satu band Ska-Reggae dari Kota Malang yakni Glorious Friends yang tampil di dua event Internasional. 

Kemunculan nama Glorious Friends di line-up bersama lima Band serta musisi Ska Indonesia lainnya yakni Denny Frust, Braves Boy, The Glow, Blangkon Haji, Skastra di daftar performer Asian Ska Festival 2020 mengejutkan banyak pihak. 

asian-ska-community7851e76363bf2b8f.jpg

Baca Juga : Angkat Tema Trantanan, Getih Getah Gula Kelapa Candi Simping Diisi Kegiatan Doa Budaya

 

Meskipun hanya tampil secara virtual, akan tetapi Glorious Friends setidaknya memiliki kontribusi lebih dalam mengharumkan nama Kota Malang dan Indonesia melalui musik Ska-Reggae di kancah internasional. 

Rizqi yang merupakan frontman serta sebagai penyumbang suara dan pemain gitar di lagu-lagu Glorious Friends, mengatakan, bahwa dalam event Asian Ska Festival 2020 tidak hanya diikuti oleh band atau musisi dari Benua Asia saja, melainkan terdapat beberapa band dari Benua Eropa. 

"Event Asian Ska Festival ini di suguhkan secara live streaming di Youtube Asian Ska Community pada 31 Oktober 2020," ujarnya kepada pewarta, Jumat (20/11/2020). 

Ternyata kekagetan tidak hanya dirasakan oleh para penikmat musik, khususnya di Kota Malang, tetapi juga para personil dari Glorious Friends pun turut kaget. Salah satunya pemain Trumpet Glorious Friends yakni Ardi mengatakan, bahwa dirinya kaget ketika di kontak melalui DM (direct message) Instagram. 

peru-ska-festivalf382436ddc425e58.jpg

"Teman-teman sangat terkejut ketika di kontak via Instagram. Kami diajak untuk berpartisipasi di Asian SKA Festival. Info yang sangat menyenangkan dan tidak menyangka saja mereka ingin mengikut sertakan kami," ungkapnya. 

Padahal, lanjut Ardi pihak Glorious Friends, mulanya tidak mengenali satu sama lain dengan pihak penyelenggara Asian Ska Festival ataupun pihak Asian Ska Community. Seiring berjalannya waktu komunikasi pun berlanjut dan akhirnya Glorious Friends dapat tampil tak kalah dengan Band Ska luar negeri lainnya. 

Vokalis Glorious Friends, Monica Yurike pun juga turut memberikan tanggapannya terkait bagaimana bisa nama Glorious Friends dapat menempati line-up pengisi acara Asian Ska Festival 2020. 

"Sebelum kami merilis album pertama yang bertajuk 'Titik Terang', kami hanya bisa berharap dengan doa dan entah sejauh apa kita berusaha untuk melangkah. Mungkin berkhayal yang positif bisa menjadi satu hal yang membahagiakan kita," jelasnya. 

Baca Juga : Trio Audiovisual Malang Monohero Dapat Apresiasi dari Isyana dan Rara Sekar

 

Dirinya pun juga tidak menyadari doa yang selalu dipanjatkan serta usaha yang terus dilakukan ternyata dapat menghantarkan Glorious Friends menuju event internasional. 

"Ya kami juga gak tahu kenapa doa kami mendunia yang sangat aneh dan lucu bisa terjadi di tengah krisis pandemi ini," terangnya sambil tertawa. 

Ternyata, tidak hanya Asian Ska Festival yang menjadi panggung internasional bagi Glorious Friends di tahun 2020. Tepat pada tanggal 29 November 2020, Glorious Friends menjadi satu-satunya Band Ska Kota Malang yang mewakili Indonesia untuk tampil di Peru Ska Festival secara vritual di Youtube Channel Peru Ska Festival. 

"Banyak band dari berbagai negara Amerika dan Eropa yang menjadi line up. Seperti dari Amerika Serikat, Inggris, Mexico, Chili, Kanada, Polandia dan juga beberapa band dari Asia seperti Hongkong, Jepang dan Indonesia," kata Monica. 

Monica menambahkan, bahwa mungkin kedua event internasional ini merupakan langkah awal bagi Glorious Friends untuk menggapai doanya satu persatu dan semakin mendunia tanpa melupakan akar di mana mereka berasal. 

Sebagai informasi, Glorious Friends yang telah bergelut di musik Ska-Reggae sejak tahun 2013, resmi menggunakan nama Glorious Friends di tahun 2016. Sejak saat itu juga, Glorious Friends mengalami pasang surut dan pergantian personil. Hingga akhirnya pada tahun 2020 ini, Glorious Friends diperkuat dengan Monica Yurike di vokal, Rizqi di Vokal dan Gitar, Ardi di Trumpet, Rizco di Trombone, Iren di Vokal dan juga beberapa additional player untuk mengisi posisi drummer dan bassis.