Pelaku pembobolan kotak amal yang tengah beraksi di Masjidil Halal (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Pelaku pembobolan kotak amal yang tengah beraksi di Masjidil Halal (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Lagi-lagi maling kotak amal kembali meresahkan masyarakat. Kali ini, Masjidil Halal yang ada di Jalan Kiai Parseh, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, jadi sasaran. 

Delapan kotak amal dan sebuah power sound system raib dibawa kabur pelaku.

Baca Juga : Warga Arjowinangun Dua Kali Nyaris Jadi Korban Begal di Comboran

Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (15/11/2020) kemarin, sekitar pukul 01.30 WIB. Hilangnya delapan kotak amal dan power sound system pertama kali diketahui oleh  pengurus masjid yang hendak menunaikan salat subuh.

"Ya pas mau salat lihat kondisi kotak kok berantakan. Terus lemari tempat menyimpan sound system kok juga rusak. Setelah diperiksa lagi uang dalam kotak amal dan juga power sound sudah nggak ada. Total delapan kotak amal uangnya sekitar Rp 500 ribu. Kalau power soundnya sekitar Rp 2,5 juta," beber Marbot Masjid Mochammad Sofi'i, Senin (16/11/2020).

Lanjutnya, mengetahui terjadi pembobolan, pengurus masjid kemudian melakukan pengecekan kamera CCTV. Benar saja, dalam rekaman CCTV terdapat seorang laki-laki yang memang mencuri uang dalam kotak amal.

Saat itu, pelaku masuk dari sisi sekolah TK yang tepat berada disebelah masjid, dimana memiliki pagar yang pendek. Setelah masuk kawasan masjid, pelaku kemudian langsung menyasar sebuah kotak amal yang berada di luar masjid. Setelah berhasil, pelaku melanjutkan aksinya membobol kotak yang ada di sisi lain masjid.

"Pelaku kemudian masuk ke dalam masjid dan membobol kotak amal yang ada di depan dengan mengunakan obeng. Setelah mengambil uang dikotak amal, pelaku menuju lemari power sound sistem dan mengambilnya," jelasnya.

Setelah berhasil mencuri uang kotak amal dan power sound sistem, pelaku kemudian kabur melalui gang kecil yang ada di sisi utara masjid. Setelah itu pelaku diduga melompat pagar, sementara power sound yang cukup besar, oleh pelaku didorong keluar lewat sela pagar.

Pasca kejadian, pihak pengurus masjid kemudian segera melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kedungkandang. Pasalnya, pengurus masjid saat ini merasa jengkel, lantaran kejadian ini bukan pertama kalinya.

Baca Juga : Gondol Motor Kasun, Warga Kranjingan Ini Dihadiahi Bogem Mentah

"Pernah kejadian awal Oktober lalu, masjid ini juga mengalami kejadian yang sama. Makanya, kami sudah lapor ke Polsek Kedungkandang," bebernya.

Sementara itu, Kapolsek Kedungkandang Kompol Yusuf Suryadi, membenarkan adanya kejadian tersebut. Untuk saat ini, pihaknya telah memerintahkan anggotanya untuk melakukan pendalaman terhadap kasus pencurian kotak amal ini.

"Saat ini masih kami lidik mas," pungkasnya.