Suasana KBM tatap muka di SDN Gunungsari 4 Kota Batu beberapa saat lalu (Foto: MalangTIMES)
Suasana KBM tatap muka di SDN Gunungsari 4 Kota Batu beberapa saat lalu (Foto: MalangTIMES)

Hingga saat ini Senin (9/11/2020) Kota Batu masih bertahan di zona oranye atau risiko sedang Covid-19. Sedangkan untuk kembali menggelar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kota Batu baru bisa dilaksanakan jika masuk pada zona kuning atau risiko rendah maupun zona hijau.

Karena itu bagi para pelajar yang sudah rindu akan bangku sekolah diminta untuk bersabar hingga Kota Batu bisa masuk zona kuning mau zona hijau. Sedangkan hingga saat ini, baru ada 4 sekolah yang menggelar KBM tatap muka yang di bawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan masuk dalam pengawasan Kacabdin Kota Malang.

Baca Juga : Sekolah Tatap Muka Akan Dimulai, Dewan Dorong Pemkot Surabaya Buat Data Base Kesehatan

4 instansi pendidikan itu adalah SMKN 2 Kota Batu, SMA Al Izzah International Islamic Boarding School, Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Batu, dan SDN Gunungsari 4. SD tersebut menggelar KBM tatap muka setelah mendapatkan izin dari Gugus Tugas Penangan Covid-19 di Kota Batu.

Lantaran ada beberapa faktor yakni, kondisi topografi Dusun Brau yang berada di lembah kawasan pegunungan Kota Batu. Sehingga sangat sulit terjangkau jaringan internet atau terkendala sinyal internet.

Lalu kondisi siswa dari SDN Gunungsari 04 berbeda dengan siswa lainnya yang ada di Kota Batu sehingga membutuhkan perhatian khusus dan perlu pendampingan dari guru. Sehingga KBM tatap muka masih belum dilakukan mulai Pendidikan Anak Usia Dini hingga SMP.

“Karena Kota Batu di zona oranye belum bisa dilaksanakan KBM tatap muka. Sebab pada prinsipnya mengutamakan kesehatan dan keselamatan bagi semua warga satuan pendidikan,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih.

Selain itu juga memperhatikan surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri sebagai panduan pelaksanaan pendidikan di daerah.

Baca Juga : Inspiratif! dari Membaca, Siswi MAN 2 Kota Malang Ini Dapat Hadiah Uang Rp 100 Juta

Menurutnya KBM tatap muka tingkat PAUD-SMP diprioritaskan pada zona kuning dan hijau. Juga dimulai dari jenjang tertinggi. Dan perlu rekomendasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di daerah.

“Kalau tidak ada rekomendasi tetap belum bisa dipaksa. Kecuali Kota Batu masuk zona kuning atau hijau bagi yang sudah siap bisa diajukan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan,” tutup Eny.