Selamat Ulang Tahun Prof Haris, Semangatmu Teruslah Membara | Batu TIMES

Selamat Ulang Tahun Prof Haris, Semangatmu Teruslah Membara

Oct 21, 2020 12:21
Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris MAg bersama keluarga. (Foto: istimewa)
Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris MAg bersama keluarga. (Foto: istimewa)

Senyum ramahnya selalu lepas tiap kali kami kunjungi di kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Setidaknya itu yang kami, para awak media, rasakan. Sambutan yang selalu hangat dari sang rektor, Prof Dr Abdul Haris MAg.

Saat ini, rektor sedang sibuk membawa kampus menuju world class university, universitas Islam berkelas internasional. Mulai dari sarana prasarana, pelayanan, hingga SDM ia dorong hingga mencapai kualitas tinggi.

Baca Juga : Yekti Kristyaningsih, Tinggalkan Profesi Guru Demi Membangun Desa

Rasanya, masih teringat kampus yang kini berumur 59 tahun dengan jumlah 15 ribu mahasiswa ini dulunya terbilang minim guru besar. Hanya ada 6 guru besar hingga tahun 2017.

Baru pada periode Prof Haris, program percepatan guru besar digalakkan. Jumlah guru besar kian digenjot hingga kini berjumlah 19 guru besar. Ia menargetkan, pada tahun 2021 kelak tercapai 43 guru besar.

"Rasanya sulit apabila berharap banyak perkembangan, suatu lembaga apabila tidak dimulai dari perubahan-perubahan yang fundamental, yakni sumber daya manusianya. Salah satunya melalui percepatan guru besar," ucapnya kala itu.

Saat ini, UIN Malang sedang menerima visitasi dari The University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Dengan persiapan yang begitu matang, Prof Haris optimistis UIN Maliki Malang akan meraih sertifikat akreditasi standar internasional itu. Ia juga terus mengupayakan adanya akreditasi-akreditasi institusi maupun program studi (prodi) bertaraf internasional lain.

"Ini kami genjot betul supaya meningkatkan kualitas pendidikan kita karena kita ingin memberikan layanan yang terbaik kepada pengguna jasa, kepada masyarakat," ungkapnya.

Dalam masa pandemi ini, Prof Haris juga kerap turun langsung ke masyarakat untuk memberikan bantuan. Di awal pandemi, ia bagikan sembako kepada orang-orang yang membutuhkan di pinggir jalan. Hingga kini, ia masih membagikan bantuan kepada masyarakat di sekitar kampus, mulai dari kampus I, II, hingga kampus III.

"Perguruan tinggi harus peduli kepada masyarakat. Saya ingin kehadiran kampus bisa membawa perubahan masyarakat yang lebih baik," katanya beberapa waktu lalu.

Dalam masa pandemi ini, aktivitas UIN Maliki Malang tak lantas terhenti begitu saja meski tak boleh mengadakan kegiatan tatap muka. Kampus berlogo Ulul Albab ini termasuk getol mengadakan webinar. Dengan beragam tema webinar, rektor hadirkan para pakar dari berbagai negara. Ia berusaha mewujudkan visi UIN Maliki untuk menginterpretasikan ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu eksak dengan sinaran ajaran Islam, dalam hal ini Al-Quran.

Di sela kesibukannya menakhodai UIN Maliki, Prof Haris selalu menyempatkan diri untuk menulis puisi. Buku puisi terakhirnya bertajuk "Dari Waktu ke Waktu" setebal 614 halaman yang dicetak September 2019 lalu sempat ia berikan ke wartawan MalangTIMES. Sudah ada 6 antologi puisi yang ia terbitkan. Selain yang tercetak, diyakini masih banyak lagi ratusan puisi lainnya.

Baca Juga : Kisah Relawan Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu: Sang Juru Selamat yang Kerap Terabaikan

Ia mengaku sudah senang menulis sejak kecil. Hingga kini, ia selalu produktif menulis puisi. Terkadang puisi itu ia kirimkan ke grup-grup WhatsApp, tak terkecuali ke wartawan media ini.

Sebagai seorang akademisi sekaligus penyair, Prof Haris menulis puisi berdasarkan apa yang ia pikirkan, ia dalami, ia amati, dan ia alami. Hampir setiap hari, ia tidak pernah putus dalam mengelaborasi kompleksitas yang ada pada dirinya.

Itulah Prof Haris, sosok dengan semangat hidup yang tak pernah padam. Tentunya, tak akan cukup bercerita tentang kebaikannya dalam satu tulisan dengan diksi seadanya.

 Tepat pada 21 Oktober 1962 di Lamongan, ia terlahir ke dunia. Hingga 58 tahun, Prof Haris seakan tak pernah lelah berusaha memberi kebaikan di mana pun berada. 

Selamat berulang tahun, Prof. Terima kasih sudah membawa banyak berkah kepada perguruan tinggi Islam negeri di Malang, UIN Maliki ini. Semangatmu teruslah membara.

 

Topik
Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg UIN Maliki Malang

Berita Lainnya