Al-Izzah International Islamic Boarding School. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Al-Izzah International Islamic Boarding School. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Hingga saat ini isolasi mandiri masih dilaksanakan oleh 31 warga Al-Izzah International Islamic Boarding School yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan adanya kasus tersebut Pemkot Batu melakukan pengawasan khusus kepada pondok pesantren (ponpes) di Kota Batu.

Pengawasan khusus yang dilakukan itu terkait dengan penerapan protokol kesehatan di masing-masing ponpes di Kota Batu. Juga memperketat pengawasan aktivitas keluar masuk lingkungan khususnya di Ponpes Al- Izzah.

Baca Juga : Angka Kumulatif Capai 400, Pasien Konfirm di Kota Batu Tambah 9 Orang

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, pengawasan ketat tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Pemprov Jatim, Dinas Kesehatan Kota Batu, juga beberapa rumah sakit di Kota Batu. Bukan hanya Al-Izzah, namun imbauan juga diberikan kepada ponpes lain di Kota Batu agar mematuhi protokol kesehatan.

“Banyaknya kasus di Al-Izzah menjadi peringatan untuk seluruh ponpes di Kota Batu. Karena Dinas Kesehatan akan memantau seluruh ponpes di Kota Batu terkait protokol kesehatannya,” ucapnya.

Selain itu upaya pencegahan Covid-19 di Ponpes Al-Izzah itu dengan meminimalisasi arus keluar masuk wali santri di sana. Misalnya bagi wali santri yang mengirimkan makan hanya diperbolehkan di area luar.

“Kalau mau ngirim makanan hanya sebatas di luar saja. Hal ini dilakukan supaya jangan sampai kecolongan, itu salah satu upayanya,” terang istri Eddy Rumpoko ini.

Baca Juga : Tak Aman, IDI Tulungagung Minta Masyarakat Tak Lagi Pakai Masker Scuba

Terpisah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu juga mengimbau kepada seluruh pondok pesantren supaya lebih koordinatif dan selektif dalam memantau perkembangan para santri. Kepala Kemenag Kota Batu Nawawi menambahkan, bagi pondok pesantren di Kota Batu agar melakukan langkah-langkah preventif dan terus memantau para santrinya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dalam ponpes.

“Yang terjadi di Al-Izzah International Islamic Boarding School dijadikan sebuah warning bagi yang lainnya. Melihat di sana protokol kesehatan sudah dilakukan dengan ketat,” ungkap Kepala Kantor Kemenag Kota Batu Nawawi.