Update situasi Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Update situasi Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

Pada Jumat (28/9/2020) Kota Batu mengalami lonjakan pasien terkonfirmasi yang signifikan. Ya terdapat tambahan 37 pasien dalam sehari, jumlah itu merupakan tertinggi sepanjang pandemi Covid-19.

“Info dari Dinas Kesehatan ada tambahan 37 pasien terkonfirmasi,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Baca Juga : Mulai 2021 Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Bertahap, Ini Dampaknya Bagi Peserta

Tambahan 37 pasien itu rinciannya, dari warga Desa Sumberejo Kecamatan Batu sebanyak 31. Kelurahan Ngaglik Kecamatan Batu ada 2 orang, Kelurahan Temas Kecamatan Batu 1 orang, Desa Pendem Kecamatan Junrejo ada 1 orang, Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo ada 1 orang, dan Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji 1 orang.

“Tambahan 37 orang itu paling banyak dari warga Desa Sumberejo Kecamatan Batu, yang semula dari hanya 3 warga dirawat kini menjadi 34 warga,” imbuhnya. 

Dengan demikian kini jumlah akumulatif mencapai 385 orang, rinciannya yang aktif sejumlah 83 orang, pasien yang sembuh ada 274 orang, dan meninggal dunia juga terdapat tambahan satu orang menjadi 28 orang.  

Selain itu untuk rincian kasus suspek ada tambahan 12 orang totalnya 460 orang. Untuk probable berkurang dua orang menjadi 24 orang. Lainnya diisolasi ada kenaikan berkurang dua orang menjadi 164 orang. Dan discarded masih tetap diangka 226 orang. 

Sedangkan ini tercatat zona merah atau risiko tinggi tersebat di 13 desa/kelurahan. Zona oranye ada 8 desa/kelurahan, dan menyisakan zona kuning di 3 desa/kelurahan.

Rinciannya wilayah zona merah berada di kawasan Kecamatan Junrejo yakni Kelurahan Dadaprejo Desa Mojorejo, Desa Tlekung, dan Desa Pendem. Lalu di Kecamatan Batu ada di Desa Pesanggarahan, Sumberejo, Kelurahan Songgokerto, Temas, dan Kelurahan Sisir.

Baca Juga : Masker belum Efektif Cegah Covid, Kadinkes Arbani Imbau Utamakan Jaga Jarak

Dan Kecamatan Bumiaji ada di Desa Pandanrejo, sebelumnya Desa Giripurno, Desa Punten, dan Desa Gunungsari. Menyisakan zona oranye atau risiko sedang di Desa Sidomulyo, Bulukerto, Bumiaji, Sidomulyo, Kelurahan Ngaglik, Desa Beji, Tulungrejo, dan Junrejo.

Untuk zona kuning atau risiko rendah menyisakan 3 desa, yakni du Kecamatan Bumiaji ada di Desa Sumber Brantas, Desa Sumbergondo, dan di Kecamatan Junrejo hanya di Desa Torongrejo.