Peta sebaran covid-19 di Jaww Timur per Minggu 13 September. (Foto: instagram Pemprov jatim)
Peta sebaran covid-19 di Jaww Timur per Minggu 13 September. (Foto: instagram Pemprov jatim)

Selama tiga hari berturut-turut, kasus covid-19 di Kota Batu terus melandai hingga Minggu (13/9/2020). Kini Kota Batu kembali pada zona oranye setelah masuk pada zona merah beberapa saat lalu.

Ya tidak ada penambahan mulai dari kasus positif aktif, kesembuhan,  hingga angka meninggal dunia. Rinciannya, jumlah akumulatif positif kini di angka 333 orang yang meliputi masih dirawat 50 orang, sembuh 257 orang, dan meninggal dunia 26 orang.

Baca Juga : Langgar Jam Malam, Sekelompok Pemuda di Tuban Dihukum Push-up

Kasus suspek juga demikian, hanya mengalami penambahan tidak signifikan. Rinciannya, kasus suspek ada tambahan 13 orang menjadi 443 orang. Sedangkan untuk probable, tidak ada penambahan. 

Lainnya, diisolasi ada kenaikan 13 orang menjadi 206 orang. Sementara discarded masih tetap di angka 228 orang. “Selama tiga hari kasus konfirm positif covid-19 di Kota Batu melandai,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori.

Kemudian, wilayah yang desa/kelurahannya saat ini tidak ada pasien covid-19 yang dirawat hanya di Desa Pesanggarahan untuk Kecamatan Batu. Di Kecamatan Junrejo, ada di Kelurahan Dadaprejo. Dan di Kecamatan Bumiaji ada di Desa Bulukerto, Giripurno, Gunungsari, Pandanrejo, Sumbergondo, dan Sumber Brantas.

Sedangkan kawasan tercatat zona merah atau risiko tinggi tersebar di 13 desa/kelurahan. Zona oranye ada 8 desa/kelurahan, dan zona kuning di 3 desa/kelurahan.

Rinciannya wilayah zona merah  di  Kecamatan Junrejo yakni Kelurahan Dadaprejo Desa Mojorejo, Desa Tlekung, dan Desa Pendem. Lalu di Kecamatan Batu ada di Desa Pesanggarahan, Sumberejo, Kelurahan Songgokerto, Temas, dan Kelurahan Sisir.

Baca Juga : Ditusuk Orang Tak Dikenal di Bandar Lampung, Syeikh Ali Jaber Sampaikan Kondisi Terkini

Dan Kecamatan Bumiaji ada di Desa Pandanrejo, Desa Giripurno, Desa Punten, dan Desa Gunungsari. 

Yang masuk zona oranye atau risiko sedang adalah Desa Sidomulyo, Bulukerto, Bumiaji, Sidomulyo, Kelurahan Ngaglik, Desa Beji, Tulungrejo, dan Junrejo. Sedangkan zona kuning atau risiko rendah menyisakan 3 desa, yakni di Kecamatan Bumiaji ada di Desa Sumber Brantas dan Desa Sumbergondo serta di Kecamatan Junrejo hanya di Desa Torongrejo.