Petugas DPK saat memberikan edukasi di atas mobil tangga di Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Petugas DPK saat memberikan edukasi di atas mobil tangga di Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Relawan pemadam kebakaran bakal dibentuk oleh Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Kota Batu. Rencananya relawan itu bakal dibentuk dalam setiap desa/kelurahan di Kota Batu

Dalam setiap desa/kelurahan nantinya setiap timnya terdiri dari lima relawan. Tujuan dibentuknya relawan pemadam kebakaran itu untuk mengatasi kebakaran agar tertangani lebih cepat dan tepat. “Minimal nanti setiap desa/kelurahan di Kota Batu punya lima relawan pemadam kebakaran. Nanti mereka akan dibekali pelatihan dan wawasan,” kata Kepala DPK Kota Batu, Himpun.

Baca Juga : Diduga Ada Konflik, Karyawan Bakar Diri dan Sebabkan Toko Roti Terbakar

Tentunya mereka yang akan menjadi relawan itu akan mendapatkan edukasi terkait bagaimana teknik pemadaman api terutama di tengah pemukiman. Selain itu mereka juga harus membagikan pengalaman itu kepada masyarakat sekitar.

“Kami akan memberikan pelatihan secara mandiri supaya punya pengetahuan tentang pencegahan, pemetaan, dan pemadaman kebakaran. Karena harapan kami relawan nanti bisa bertindak lebih awal sebelum petugas datang. Apalagi kalau yang daerahnya cukup jauh seperti di Desa Sumber Brantas,” imbuhnya.

Menurutnya dengan dibentuknya relawan pemadam kebakaran itu, lantaran kurangnya personil dalam DPK. Kurang lebih dalam DPK itu memiliki 3 regu. “Sehingga 3 regu yang terdiri dari 8 personil ini harus bertugas bergantian selama 24 jam. Padahal idealnya harus ada 15 personel tiap regu dengan tugas dan fungsi sendiri-sendiri,” jelas mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Baca Juga : Jadi Juara Kampung Resik, Bupati Lumajang Minta Kampung Lain Tiru Kelurahan Ditotrunan

Selain kurangnya personil lanjutnya, DPK juga kekurangan alat pelindung diri (APD). Contohnya baju tahan api dan sebagainya. Saat ini yang dapat dilakukan hanya memaksimalkan alat pemadaman sederhana dan pematangan skill.