Petugas PMK Kita Malang yang tengah berupaya membersihkan jalan dari cecerna solar (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Petugas PMK Kita Malang yang tengah berupaya membersihkan jalan dari cecerna solar (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Masyarakat yang melintasi kawasan Jalan Raya Tlogomas, khususnya sebelum SPBU Tlogomas hingga kawasan setelah SPBU, harus berhati-hati. Sebab, jalan sepanjang kurang lebih 500 meter (m), terdapat tumpahan solar yang tercecer di tengah jalan dan begitu membahayakan pengguna jalan.

Bahkan informasi warga sekitar, akibat ceceran solar yang berada di jalan sepanjang 500 m itu, sempat terjadi insiden jatuhnya pengendara sebanyak dua kali.

Baca Juga : Warga Desa Purorejo Tempursari Lumajang Gotong Royong Perbaiki Jalan

Ahmad Nur Hasyim, warga Tlogomas mengatakan, jika ceceran tersebut diketahui telah ada sejak dini hari tadi. Saat itu, dikatakannya jika ia juga nyaris terjatuh lantaran ceceran solar tersebut.

"Informasi sejak dini hari tadi. Saya juga mau terjatuh pas lewat situ," ungkapnya, Jumat (11/9/2020).

Pihaknya tidak mengetahui pasti siapa atau kendaraan jenis apa yang mencecerkan solar ke jalan raya itu. Namun diduga tumpahan solar yang bercecer di jalan itu lantaran terjadi kebocoran pada penampung solar pada kendaraan.

"Agar tidak membahayakan pengguna jalan, untuk sementara diberikan pasir oleh warga," bebernya.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Malang, yang mendapat laporan tumpahan solar, langsung menuju lokasi Jalan Raya Tlogomas dengan menerjunkan 9 personil dan dua armada mobil pemadam berkapasitas 4 ribu liter air.

"Kita terjunkan dua armada pemadam untuk pembersihan, ceceran solar yang sudah diberikan pasir," ungkap Komandan Regu Muhammad Soleh.

Saat ini petugas masih terus berupaya melakukan pembersihan ceceran solar yang berada di tengah jalan itu. Petugas menyemprotkan air dan kemudian menyapu ceceran solar bersama pasir agar jalan bisa dilalui kembali tanpa membahayakan pengguna jalan.

"Masih kita upayakan pembersihan," jelasnya.

Baca Juga : Imbas Kecelakaan di Jalan Raya Song-Song, Kemacetan Capai 2,8 Kilometer

Ia juga memberikan pesan terhadap masyarakat, manakala menemui adanya ceceran oli maupun solar, diharapkan segera menguruknya dengan pasir. Hal itu dilakukan agar tidak membuat jalan menjadi licin dan solar ataupun oli bisa dibersihkan dengan mudah.

"Jangan menggunakan tanah, karena nanti malah licin. Sebaiknya menggunakan pasir agar bisa kering. Selain itu, jangan lupa juga pasang penanda jalan, agar pengguna jalan bisa berhati-hati," jelasnya.

Sampai saat ini, petugas PMK masih berupaya membersihkan ceceran solar yang berada di Jalan Raya Tlogomas menuju arah Landungsari.