BLT (Foto:  Anadolu Agency)
BLT (Foto: Anadolu Agency)

Kabar gembira kembali menghampiri para pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta.  Pasalnya, bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 600 ribu dari pemerintah pusat bakal diperpanjang.

Diketahui, saat ini pemerintah telah menyalurkan bantuan langsung tunai per bulan selama empat bulan, mulai September hingga Desember 2020. 

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Janjikan Bantuan Dana bagi 1,1 Juta Pekerja di Jatim Segera Cair

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto  mengatakan program ini akan diperpanjang hingga kuartal II 2021, yakni Januari-Juni 2021. Arilangga juga mengatakan rencana ini sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

"Berdasarkan hasil rapat dengan Bapak Presiden, ini akan dilanjutkan pada 2021 selama tiga bulan dan mungkin akan kami pertimbangkan enam bulan kuartal I dan II," ujar Airlangga dalam rakornas Kadin yang digelar secara virtual, Kamis (10/9/2020).

Saat ini pemerintah sendiri telah menyiapkan BLT Rp 600 ribu  untuk 15,7 juta pekerja pada tahun 2020.  Pada tahap I, pemerintah sudah menyalurkan BLT kepada 2,5 juta pekerja dengan anggaran Rp 3 triliun.  Subsidi ini dilakukan dengan pencarian per dua bulan yang masing-masing pekerja akan memperoleh Rp 1,2 juta.

Baca Juga : Sejumlah Kepala Desa di Tulungagung Resah Ulah Oknum LSM, Diminta Uang Belasan Juta

Sementara tahap II pemerintah menargetkan untuk 3 juta pekerja dengan anggaran Rp 3,6 triliun. Sedangkan untuk tahap III saat ini masih dalam proses validadi dan verifikasi data oleh Kementerian Ketenagakerjaan.