Tim Dinas Sosial saat melakukan pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Sisir beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Tim Dinas Sosial saat melakukan pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Sisir beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia menyiapkan santunan dana sebesar Rp 15 juta bagi korban Covid-19. Santunan itu bakal diberikan kepada ahli waris keluarga yang ditinggal lantaran meninggal dunia akibat Covid-19.

Karena itu Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu mengumpulkan data ahli waris bagi keluarga yang ditinggalkan lantaran meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19. “Saat ini sedang melakukan pendataan dan verifikasi,” kata Kepala Dinsos Kota Batu, Ririk Mashuri.

Baca Juga : Pejuang HAM Munir Kagumi Malik Fadjar, Berpulang pada Tanggal dan Bulan yang Sama

Ia menambahkan, saat ini sudah ada 18 usulan dari keluarga yang ditinggalkan. Hal tersebut juga dari rekomendasi Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu. “Tetapi untuk mekanisme usulan itu terlebih dahulu terverifikasi oleh Dinas Sosial Kota Batu. Lalu diteruskan ke Pemerintah Provinsi, berlanjut ke Dirjen,” ungkapnya.

Bagi yang menerima akan mendapatkan uang tersebut melalui transfer sesuai dengan nomor rekening ahli waris. Lalu untuk ahli waris harus memiliki rekomendasi dari Puskesmas atau rumah sakit maupun Dinas Kesehatan.

Selain itu ahli waris wajib punya keterangan dari pihak desa atau kelurahan tentang kematian keluarganya. Selanjutnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu mengeluarkan rekomendasi kepada Dinas Sosial. Sementara itu hingga Selasa (8/9/2020) tercatat ada 23 pasien konfirm positif Covid-19 yang meninggal dunia di Kota Batu.