Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Dalam berbagai riwayat dijelaskan jika laki-laki muslim dilarang atau haram mengenakan emas dan kain sutera. Dalam sebuah hadits sahih disebutkan jika Rasulullah SAW pernah mengangkat emas di tangan kiri beliau, dan sutera di tangan kanannya. Lalu beliau berkata, “Dua benda ini haram bagi laki-laki umatku.”

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian menyampaikan, larangan itu menjadi sebuah petunjuk bagi umat muslim sampai sekarang. Dalam berbagai penelitian menyebutkan, kulit laki-laki tak sejalan dengan emas. Berbeda dengan kulit perempuan yang memang diberi hikmah lain oleh Allah SWT.

Baca Juga : Riwayat Rasulullah SAW Tentang Manfaat Istighfar, Permudah Rizki

Meski begitu, lanjut Ustadz Khalid, seorang laki-laki maupun perempuan diperbolehkan mengenakan perak. Karena Rasulullah SAW pernah mengenakan cincin dari perak dengan tulisan Muhammad Rasulullah.

Namun penggunaan emas dan perak secara berlebihan sangat tidak dibenarkan dalam ajaran Islam. Seperti apabila digunakan sebagai wadah makan atau minum. Hal itu sangat dilarang karena dianggap sangat berlebihan.

Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah minum dengan bejana emas dan perak. Serta jangan pula makan dengan piring yang terbuat dari keduanya. Karena semua itu untuk mereka (atau orang-orang kafir) di dunia dan untuk kalian di akhirat," HR Bukhari dan Muslim.

Hadits tersebut dijelaskan sebagai penyebab sikap berlebihan serta akan dapat mematahkan hati kaum kafir. Dalam hadits lain, disebutkan jika orang-orang yang memasukkan makan menggunakan emas atau perak hanya memasukkan api neraka ke dalam perut mereka.

Rasulullah SAW bersabda, "Orang-orang yang makan dengan bejana emas atau perak, sesungguhnya ia hanya memasukkan api jahanam ke dalam perutnya," HR Muslim.

Baca Juga : Kisah di Balik Terbunuhnya si Kakek Buta di Depan Nabi Musa dan Pelajarannya

Mengenai hadits tersebut, sebagian ulama berpendapat jika api neraka itu berwujud penyakit bagi mereka yang masih hidup dan di akhirat akan dimasukkan ke dalam api neraka.

"Dan kita dianjurkan keluarkan zakat atas emas dan perak," tambah Ustadz Khalid.