ASN Kota Batu saat apel pagi di halaman Balai Kota Among Tani, Senin (22/6/2020). (Foto: Humas Pemkot Batu)
ASN Kota Batu saat apel pagi di halaman Balai Kota Among Tani, Senin (22/6/2020). (Foto: Humas Pemkot Batu)

Terbilang lama vakum, apel pagi sebagai bagian kewajiban seluruh aparat sipil negara (ASN) di Kota Batu, kembali digelar, Senin (22/6/2020) di halaman Balai Kota Among Tani.

Seperti diketahui, sejak wabah Covid-19 merebak, apel pagi hanya bisa dilaksanakan oleh jajaran Kepala Dinas dan Kepala Bidang saja. Pasalnya, keterbatasan tempat apel yang mensyaratkan jaga jarak bagi peserta.

Baca Juga : Haul Bung Karno, Pemkab Blitar Gelar Doa Lintas Agama dan Pengajian Akbar via Virtual

Kondisi itu kini telah berganti. Walau intaian maut virus Covid-19 masih menjadi momok dan Kota Batu belum bisa melenggang ke masa New Normal. Apel perdana bagi seluruh ASN tetap digelar.

Dipimpin langsung Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, serta diikuti oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Sekretaris Daerah Kota Batu Zadim Effisiensi, Staf ahli dan Asisten Pemkot Batu. Beberapa pesan terkait pandemi Covid-19 pun ditekankan ke seluruh ASN Pemkot Batu.

Dewanti meminta kepada seluruh ASN agar disiplin menjalankan protokol kesehatan. Juga agar menjadi contoh masyarakat, sekaligus memberikan sosialisasi.

“Sebagai ASN saya meminta agar memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Kalau bisa sosialisasikan juga agar patuh protokol kesehatan,” ucapnya.

Selain itu, ASN Pemkot Batu dituntut untuk meningkatkan produktivitas dalam meningkatakan pelayan kepada masyarakat. “Kunci dari keberhasilan kita adalah penjagaan diri kita sendiri. Ketika kita keluar rumah wajib memakai masker,” tegasnya.

Baca Juga : Pembangunan Selesai, PDAM Kota Malang Target Ada Penambahan Pipa Baru Cegah Kebocoran

Disinggung terkait upaya penerapan protokol kesehatan bagi ASN, Dewanti menyampaikan, pihaknya akan melakukan pengaturan sistem kerja ASN di New Normal dengan Work from Office maksimal 50 persen dari jumlah ASN. Juga dengan menjaga jarak 1 meter.

“Pegawai di atas 50 tahun disarankan bekerja di rumah. Dalam penerapan ini ASN menjadi pelopor penerapan kenormalan baru,” tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Tak hanya apel perdana yang digelar oleh Pemkot Batu, hari ini. Setelah selesai apel, seluruh ASN pun diajak senam bersama untuk meningkatkan imun, sambil berjemur di bawah sinar matahari.