Petugas saat melakukan tracing kepada warga yang melayat di Kecamatan Pujon di Desa Sumberejo, Kecamtan Batu. (Foto: istimewa)
Petugas saat melakukan tracing kepada warga yang melayat di Kecamatan Pujon di Desa Sumberejo, Kecamtan Batu. (Foto: istimewa)

Tim dari Dinas Kesehatan Kota Batu telah melakukan pelacakan atau tracing kepada kurang lebih 174 orang warga Desa Sumberjo, Kecamatan Pujon yang melakukan takziyah kepada satu jenazah dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. 

Dari hasil pelacakan tersebut telah dipetakan yang masuk resiko tinggi, sedang, dan rendah. “Selanjutnya bagi yang masuk katagori tinggi telah dilakukan rapid test hasilnya ada 3 orang yang reaktif positif,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Ia menambahkan, tindak lanjut ke-3 orang tersebut telah dilakukan dengan swab test untuk memastikan apakah terpapar Covid-19 atau tidak. Sembari menunggu hasil swab ke-3 orang tersebut wajib melakukan isolasi mandiri. 

“Dapat kami sampaikan bahwa kondisi ke-3 orang tersebut sehat dan stabil serta tanpa menunjukkan gejala yg berat,” imbuhnya, Jumat (1/5/2020).

“Kami berharap semua pihak untuk tetap tenang tidak perlu panik yang paling penting mengikuti protokol yang telah ditetapkan, yaitu bagi yang wajib isolasi agar melaksanakan isolasi dengan tertib,” tambah Chori.

Chori meminta agar masyarakat yang lainnya untuk mengikuti pola hidup bersih dan sehat yakni dengan sering mencuci tangan, menggunakan masker bila keluar rumah.

“Lalu hindari kerumunan massa, makan dengan gizi yang cukup, tetap berada di rumah kecuali ada keperluan yang mendesak dan urgent,” tutupnya.