Pot bunga yang terbuat dari popok bekas.
Pot bunga yang terbuat dari popok bekas.

Sudah ada dua orang warga Kota Batu yang telah mengolah sampah popok bekas menjadi pot bunga. Rupanya pemanfaatan popok bekas ini dilirik oleh Pemprov Jatim. 

Tim Pemprov Jatim itu datang lantaran ingin mengetahui cara pengelolaan sampah popok bekas tersebut. Saat tim Pemprov Jatim itu datang diberitahu secara detail bahan yang dibutuhkan untuk membuat pot bunga tersebut. Hingga proses pembuatannya. 

Pembuatan pot bunga itu dengan menggunakan popok bekas yang sudah dibersihkan. Lalu dicampurkan pada semen, kemudian diletakkan pada cetakan pot. Setelah pot itu dikeringkan, baru dilepaskan dari cetakan tersebut. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan, karena ketertarikan dengan pemanfaatan popok bekas itu Kota Batu digandeng sebagai salah satu kota yang sudah menerapkan program pengolahan sampah.

“Beberapa waktu memang tim Pemprov Jatim datang ke Kota Batu langsung melihat sendiri proses pembuatan pot bunganya dari popok bekas,” kata Arief.

Selanjutnya Pemkot Batu akan menggandeng bank sampah untuk memberdayakan masyarakat membuat pot dari popok bekas. Dengan demikian pihaknya akan memperluas produksinya.

“Jika saat ini baru dua orang di Kota Batu, kita akan memberdayakan bank sampah sehingga nanti akan merata di desa dan kelurahan,” imbuhnya.

Dengan demikian, sungai di Kota Batu akan berkurang sampah popok bekasnya. Sebab Kota Batu juga berupaya tahun 2020 bebas dari sampah.