Gerobak gorengan yang terpasang CCTV di Filipina. (Foto: istimewa)
Gerobak gorengan yang terpasang CCTV di Filipina. (Foto: istimewa)

Biasanya, untuk meminimalisasi terjadinya kejahatan, banyak orang yang kini mulai memasang closed circuit television (CCTV) di rumah, toko, tempat umum, dan tempat lainnya. Namun berbeda dengan yang dilakukan oleh pedagang gorengan ini.

Siapa pun memang bisa memasang CCTV demi keamanan, termasuk pedagang gorengan. Belum lama ini, warganet dihebohkan dengan beredarnya foto penjual gorengan yang memasang CCTV di gerobaknya.

Dalam foto itu, gerobak gorengan yang dilengkapi dengan CCTV ini ada di Filipina. Penjual gorengan tersebut diketahui memasang CCTV di gerobak lantaran ia merasa banyak pembelinya yang tidak jujur saat membeli gorengannya.

Karena alasan itulah, penjual gorengan tersebut memasang CCTV agar mengetahui apa terjadi saat itu berjualan. Dengan adanya CCTV tersebut, penjual gorengan itu berharap tidak ada lagi pembeli  yang nakal.

Biasanya kecurangan yang kerap terjadi pada penjual gorengan itu. Misalnya makan 3 gorengan, tapi begitu membayar, ada yang mengaku hanya makan satu. 

Aksi yang berbeda ini diabadikan oleh seorang pembeli yang terlihat kaget dengan penampilan berbeda di gerobak gorengan itu. Sekilas gerobak ini tidak ada bedanya dengan gerobak pada umumnya di Indonesia.

Ada kompor beserta wajan, tempat meniriskan gorengan, serta pelengkap lainnya seperti sambal dan kecap. Namun siapa sangka jika ada kamera CCTV terpasang di bagian atas gerobak.

Bukan cuma satu, tapi ada dua. Namun, meskipun potret gerobak tersebut sudah viral dan menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet,  masih banyak yang meragukan keaslian CCTV penjual gorengan itu.